Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Respons Seruan PBB, MUI Ajak Umat Galang Bantuan untuk Yaman

JAKARTA — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan penggalangan dana untuk membantu penduduk Yaman yang kelaparan karena peperangan. Merespon ini, Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia menggalang bantuan untuk krisis kemanusiaan dan kelaparan di Yaman.

“MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia umumnya, dan ormas Islam dan lembaga kemanusiaan di Indonesia khususnya untuk menggalang dana guna membantu saudara kita di Yaman yang sedang mengalami kelaparan akibat peperangan tersebut,” ujar Ketua MUI Bidang HLNKI Sudarnoto Abdul Hakim saat menyampaikan sikap tersebut, Senin (08/03) di Jakarta.

“MUI menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya bencana kelaparan di Yaman, akibat peperangan yang masih berlanjut di negeri tersebut,” imbuhnya.

Dia mengatakan, dalam sikap tersebut, MUI menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PBB. MUI menilai PBB berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman sejak perang terjadi pada tahun 2015.

Sementara itu, Wasekjen MUI Bidang HLNKI Habib Ali Hasan Bahar menyampaikan, MUI mendesak semua pihak yang terlibat dalam peperangan di Yaman untuk segera melakukan gencatan senjata.

“Serta melakukan perundingan untuk menyelesaikan pertikaian mereka secara damai sesuai dengan spirit Islam yang berarti kedamaian,” ujarnya.

“MUI mengimbau Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) maupun PBB untuk membantu penyelesaian konflik secara damai, dan membantu mengatasi kelaparan di negeri itu,” imbuhnya menyampaikan sikap MUI Bidang HLNKI tersebut. (Azhar/Din)

Total Views: 27 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Sholahudin Al-Aiyub menyampaikan bahwa kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian sudah difungsikan oleh...

MUI PUSAT

■ Oleh: Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation OPINI, muisulsel.com — Manusia itu lemah. Salah satu kelemahan manusia adalah terbatas oleh banyak batas-batas kemanusiaan itu...

Berita

JAKARTA – Bank Indonesia melakukan upaya mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah bagi kemaslahatan umat. Salah satu caranya melalui pengembangan digitalisasi. Demikian disampaikan oleh Gubernur...

MUI PUSAT

■ Oleh: Dr KH M Asrorun Ni’am MA, Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat OPINI, muisulsel.com — Pendidikan karakter pada anak harus sesuai dengan zamanya,...