Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Jelang Ramadhan, MUI-KPI Gelar Halaqah dengan Insan Pertelevisian

JAKARTA— Majelis Ulama Indonesia bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menggelar halaqah (pertemuan) dengan Insan Pertelevisian secara virtual. Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar dan Ketua KPI Pusat Agung Suprio.

Acara ini bertujuan untuk menyambut Ramadhan. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, MUI dan KPI selalu bekerjasama melakukan pengawasan siaran televisi pada Ramadhan. Sedangkan beberapa bulan setelahnya, MUI dan KPI akan mengganjar program televisi terbaik di Bulan Ramadhan pada ajang Anugerah Syiar Ramadhan (ASR).

Saat membuka halaqah ini, Kiai Miftach menyampaikan bahwa bulan Ramadhan nanti harus disikapi sebagai bulan revolusi diri. Termasuk revolusi dalam menerima informasi maupun pertelevisian Tanah Air.

“Ramadhan ini momentum untuk revolusi kejiwaan, revolusi kerohanian kita, sehingga selesai Ramadhan kita akan memberikan solusi baru, sehingga solusi mencegah dari kiranya ada berita dan konten yang merusak tataran kehidupan kita,” ungkapnya, Rabu (10/3) malam secara virtual.

“Semoga MUI dan KPI yang punya acara yang sangat mulia dan sangat membanggakan ini mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadhan, Allah memberikan keberkahan, kelancaran, dan memberikan maslahat yang luas bagi bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisioner KPI Pusat, Agung Suprio, menyampaikan MUI adalah pihak yang otoritatif dan mempunyai kewenangan terhadap agama Islam terutama dalam hal penyiaran pada Ramadhan.

“Sebagaimana prokes kita mengacu BNPB, maka pada penyiaran bulan Ramadhan, kita mengacu dari MUI. MUI adalah pihak otoritatif dalam konteks keislaman ini,” ujarnya. Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah jajaran pimpinan MUI antara lain Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis, Wasekjen MUI Bidang Infokom Asrori S Karni, Ketua Komisi Infokom MUI, Mabroer, Ketua Komisi Dakwah dan Ukhuwah MUI KH Ahmad Zubaidi.

Sementara dari KPI, hadir Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, Koordinator Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat Mimah Susanti, Koordinator Bidang Kelembagaan KPI Pusat Irsal Ambia, serta Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran KPI Pusat Mohammad Reza. Hadir pula dalam pertemuan ini insan pertelevisian dari TVRI, Metro TV, NET.TV, Trans TV, Trans 7, RTV, GTV, ANTV, dan lain-lain. (Azhar/ Nashih)

Total Views: 286 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Surabaya, MUIJatim.or.id Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2022 digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta yang dibuka langsung oleh...

Berita

JAKARTA – Rapat Komisi A (Organisasi) dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2022, menawarkan tata kelola organisasi...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Sebuah potongan video viral yang saat ini menyebar di WAG dimana seorang dai terkenal di Indonesia menjelaskan Gerakan Bunuh Diri itu...

Berita

JAKARTA— Badan Penanggulangan Ekstrimisne dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Asta Anyar, Kota Bandung, Jawa...