Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

MUI Tekankan Pentingnya Agama dalam Pendidikan Nasional

 JAKARTA— Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (KPK-MUI) menggelar webinar dengan tema “Peta Pendidikan Indonesia dalam Perspektif MUI pada Sabtu (13/3) pagi.

Dalam pembukaannya, Ketua MUI, KH Abdullah Jaidi, menyampaikan rencana KPK MUI untuk menerbitkan buku pendidikan Islam dalam perspektif MUI.

“MUI perlu menerbitkan buku pendidikan Indonesia dalam perspektif MUI untuk membahas berbagai permasalahan pendidikan saat ini,” ungkap dia.

Menanggapi berbagai permasalahan dunia pendidikan yang sering terjadi di Indonesia, termasuk yang belum lama terjadi yakni ramainya pembahasan SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah dan draf Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 yang tidak memuat frasa Agama didalamnya adalah dasar mengapa MUI perlu untuk bisa memberikan masukan masukan dalam berbagai keputusan dunia pendidikan di Indonesia.

Dia juga menegaskan pentingnya poin penguatan pendidikan agama yang menjadi muara dalam pembentukan moral dan karakter anak bangsa.

MUI dengan fungsinya sebagai himayatul ummah (pelindung umat) akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan umat terutama dari infiltrasi pengaruh pengaruh dari  muatan pendidikan yang menjauhkan dari nilai agama.

‌”MUI harus cermat dalam menanggapi pendidikan Indonesia, dan KPK MUI sesuai dengan fungsinya sebagai himayatul ummah dan shadiqul hukumah (mitra pemerintah) dirasa juga perlu memantau perkembangan dunia pendidikan di Indonesia,” jelasnya.
Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI, Prof Dr Amai Arief, MAg, menekankan pentingnya memuat pendidikan agama dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Dalam hal ini dia justru meminta agar pendidikan agama harus dijadikan sebagai landasan utama dalam dunia pendidikan.

“Jika peserta didik tidak dibekali dengan penguatan agama, pendekatan keimanan, maka bisa jadi mereka ini jadi tumbuh tidak beragama,” kata dia. (Nurul/Nashih)

Total Views: 30 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Sholahudin Al-Aiyub menyampaikan bahwa kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian sudah difungsikan oleh...

MUI PUSAT

■ Oleh: Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation OPINI, muisulsel.com — Manusia itu lemah. Salah satu kelemahan manusia adalah terbatas oleh banyak batas-batas kemanusiaan itu...

Berita

JAKARTA – Bank Indonesia melakukan upaya mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah bagi kemaslahatan umat. Salah satu caranya melalui pengembangan digitalisasi. Demikian disampaikan oleh Gubernur...

MUI PUSAT

■ Oleh: Dr KH M Asrorun Ni’am MA, Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat OPINI, muisulsel.com — Pendidikan karakter pada anak harus sesuai dengan zamanya,...