Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Halal Bihalal DSN, Kiai Miftach Harap Keuangan Syariah Komersil & Non Komersil Bisa Sinergi

JAKARTA- Ketua Umum MUI Pusat KH. Miftachul Akhyar berharap adanya sinergi antara keuangan syariah komersil seperti perbankan dan industri keuangan non-bank dengan keuangan syariah non komersil/ dana sosial seperti zakat, infaq, sodaqoh, dan wakaf.

“Pengembangan ekonomi hanya akan berkembang baik jika dilakukan sinergi antara keuangan bersifat komersial seperti bank, pasar modal, investor global dengan keuangan bersifat sosial seperti infak, sedekah, zakat, dan wakaf, ” ujarnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Halal Bihalal DSN MUI dengan Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Bisnis Syariah, dan Lembaga Penjamin Simpanan secara virtual, Kamis (03/06).

Sinergi antara keuangan komersil dan sosial ini, lanjut Kiai Miftach, akan mendorong pengembangan industri produk halal dan bisnis syariah di Indonesia. Sehingga nantinya tercipta ekosistem keuangan syariah handal.

“Maka peran MUI khususnya DSN MUI menjadi bagian penting yang tidak dapat. dipisahkan. Hal ini sejalan dengan kesepakatan kita bersama yang menempatkan MUI sebagai lembaga yang berwenang menetapkan Fatwa ekonomi, bisnis, dan keuangan syariah di Indonesia,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sinergi keduanya itu juga wujud karakter ekonomi syariah yang rahmatan lil alamin. Ini sejalan dengan ekonomi syariah yang inklusif yang merangkul semua anak bangsa memajukan ekonomi nasional.

“Sebagai arus baru ekonomi Indonesia, produk dan aktivitas ekonomi diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi secara menyeluruh dan dapat memberikan kemajuan bagi peningkatan kesejahteraan, ” ujarnya.

Keinginan Kiai Miftach itu, tidak lepas dari capaian 30 tahun pengembangan ekonomi syariah yang menyisakan potensi belum tergarap.

“Oleh karena itu, dengan memperkuat silaturahim dan koordinasi antar para stakeholders ekonomi, bisnis, dan keuangan syariah baik regulator maupun pelaku usaha dan masyarakat, mudah-mudahan perkembangan keuangan syariah semakin berkembang secara berkelanjutan dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia, ” pungkasnya. (Azhar/Syukri)

Total Views: 419 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...