Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Halal Bihalal DSN, Kiai Miftach Harap Keuangan Syariah Komersil & Non Komersil Bisa Sinergi

JAKARTA- Ketua Umum MUI Pusat KH. Miftachul Akhyar berharap adanya sinergi antara keuangan syariah komersil seperti perbankan dan industri keuangan non-bank dengan keuangan syariah non komersil/ dana sosial seperti zakat, infaq, sodaqoh, dan wakaf.

“Pengembangan ekonomi hanya akan berkembang baik jika dilakukan sinergi antara keuangan bersifat komersial seperti bank, pasar modal, investor global dengan keuangan bersifat sosial seperti infak, sedekah, zakat, dan wakaf, ” ujarnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Halal Bihalal DSN MUI dengan Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Bisnis Syariah, dan Lembaga Penjamin Simpanan secara virtual, Kamis (03/06).

Sinergi antara keuangan komersil dan sosial ini, lanjut Kiai Miftach, akan mendorong pengembangan industri produk halal dan bisnis syariah di Indonesia. Sehingga nantinya tercipta ekosistem keuangan syariah handal.

“Maka peran MUI khususnya DSN MUI menjadi bagian penting yang tidak dapat. dipisahkan. Hal ini sejalan dengan kesepakatan kita bersama yang menempatkan MUI sebagai lembaga yang berwenang menetapkan Fatwa ekonomi, bisnis, dan keuangan syariah di Indonesia,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sinergi keduanya itu juga wujud karakter ekonomi syariah yang rahmatan lil alamin. Ini sejalan dengan ekonomi syariah yang inklusif yang merangkul semua anak bangsa memajukan ekonomi nasional.

“Sebagai arus baru ekonomi Indonesia, produk dan aktivitas ekonomi diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi secara menyeluruh dan dapat memberikan kemajuan bagi peningkatan kesejahteraan, ” ujarnya.

Keinginan Kiai Miftach itu, tidak lepas dari capaian 30 tahun pengembangan ekonomi syariah yang menyisakan potensi belum tergarap.

“Oleh karena itu, dengan memperkuat silaturahim dan koordinasi antar para stakeholders ekonomi, bisnis, dan keuangan syariah baik regulator maupun pelaku usaha dan masyarakat, mudah-mudahan perkembangan keuangan syariah semakin berkembang secara berkelanjutan dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia, ” pungkasnya. (Azhar/Syukri)

Total Views: 30 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Sholahudin Al-Aiyub menyampaikan bahwa kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian sudah difungsikan oleh...

MUI PUSAT

■ Oleh: Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation OPINI, muisulsel.com — Manusia itu lemah. Salah satu kelemahan manusia adalah terbatas oleh banyak batas-batas kemanusiaan itu...

Berita

JAKARTA – Bank Indonesia melakukan upaya mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah bagi kemaslahatan umat. Salah satu caranya melalui pengembangan digitalisasi. Demikian disampaikan oleh Gubernur...

MUI PUSAT

■ Oleh: Dr KH M Asrorun Ni’am MA, Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat OPINI, muisulsel.com — Pendidikan karakter pada anak harus sesuai dengan zamanya,...