Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Persis: MUI Harus Istiqamah Jadi Tenda Besar Umat Islam

JAKARTA— Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP PERSIS), KH Jeje Zaenudin, menilai Majelis Ulama Indonesia (MUI) mampu menangani berbagai isu keumatan berskala global dan kepentingan bersama secara nasional yang strategis.
 

Pernyataan ini dia sampaikan sebagai tahniah dalam rangka Milad ke-46 MUI bertepatan 26 Juli 2021.  Menurutnya, selama berdiri selama 46 tahun, MUI telah memosisikan diri sebagai tenda besar umat Islam Indonesia dengan baik.

Keragaman corak Islam di Indonesia selama mereka Ahlu Sunnah wal Jamaah dapat terakomodasi dalam tubuh MUI. Sehingga, kata dia, MUI menjadi representasi bukan hanya satu golongan islam saja, melainkan menjadi representasi Ormas Islam Indonesia.

“MUI benar – benar merepresentasikan Ormas Islam Indonesia  bukan representasi satu golongan Islam tertentu,” kata dia kepada MUI.OR.ID, Senin (26/7).

Dia menyadari tugas dan tanggung jawab MUI terhadap umat sangat besar. Sehingga, tidak akan sanggup untuk dipikul semuanya.  Oleh karena itu, menurutnya, bidang-bidang yang tidak dapat dijangkau MUI seyogianya diisi Ormas Islam.

Sosok yang juga menjabat Ketua MUI Bidang Pengembangan Seni Budaya dan Peradaban Islam ini mengingatkan, agar MUI mampu konsisten dalam malaksanakan peran utamanya melindungi umat (himayatul ummat). “(Terutama) dalam bidang aqidah maupun keselamatan dan kesehatan fisiknya dari bencana pandemi Covid-19,” paparnya.

Baginya, di usia MUI yang sudah memasuki usia 46 tahun, banyak jasa yang telah dilakukan. Dia berharap, pengabdian yang sudah dilakukan selama ini dapat menjadi amal saleh bagi pendiri, pemimpin serta pengurusnya.

“Kita berdoa semoga pengabdianya menjadi amal saleh yang mengalirkan pahala bagi para pendirinya dan para pemimpin serta pengurusnya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga berharap, agar MUI bisa istiqamah dalam mengemban amanah sebagai institusi kepemimpinan umat yang mandiri dan independen.

“Serta  mampu meningkatkan peran pengabdian dalam mewujudkan cita-cita terbentuknya masyarakat Muslim Indonesia yang khaira umat (sebaik-baik umat),” kata dia.
(Sadam Al-Ghifari/ Nashih)
 

Total Views: 45 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Sholahudin Al-Aiyub menyampaikan bahwa kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian sudah difungsikan oleh...

MUI PUSAT

■ Oleh: Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation OPINI, muisulsel.com — Manusia itu lemah. Salah satu kelemahan manusia adalah terbatas oleh banyak batas-batas kemanusiaan itu...

Berita

JAKARTA – Bank Indonesia melakukan upaya mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah bagi kemaslahatan umat. Salah satu caranya melalui pengembangan digitalisasi. Demikian disampaikan oleh Gubernur...

MUI PUSAT

■ Oleh: Dr KH M Asrorun Ni’am MA, Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat OPINI, muisulsel.com — Pendidikan karakter pada anak harus sesuai dengan zamanya,...