Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Rabithah Alawiyah Sampaikan Pesan untuk MUI di Milad ke-46

JAKARTA— Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Smith mengucapkan, mabruk untuk Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Milad ke-46 organisasi yang berdiri pada 26 Juli 1975 itu.

Habib Zen berharap, MUI dapat terus berkiprah untuk melayani umat di Indonesia.  Dia memberikan catatan kepada MUI agar memberikan  perhatian dalam kecepatan untuk memberikan solusi dan melalui fatwa yang dikeluarkan mampu  menjawab kebimbangan umat dalam bermuamalah yang aman dan halal.

Dia menjelaskan, perubahan ekonomi digital yang banyak bersinggungan dengan masalah syubhat juga harus diberikan perhatian. Selain itu, kata dia, penggunaan dana tabungan haji, dana zakat juga jangan sampai bertentangan dengan niat nasabah. Karena setiap usaha memiliki faktor risiko.

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada MUI agar tegas terhadap berbagai paham dan kegiatan yang menyimpang. ‘’Belum adanya ketegasan terhadap paham-paham atau kegiatan-kegiatan yang jelas menyimpang,’’ujarnya, kepada MUI.OR.ID, Senin (26/7).

Dalam perayaan Milad ke-46 tahun ini, Rabithah Alawiyah berharap agar MUI tidak perlu ragu untuk memberikan keputusan yang halal dan haram.  ‘’Alhalal bayyinun (halal untuk jelas )  wal Haram bayyinun (dan haram juga jelas) jadi tidak perlu ragu memberi keputusan,’’ucapnya.

Dia juga mengingatkan agar keputusan atau fatwa yang dikeluarkan sesuai dari ketentuan Allah SWT dalam Alquran dan hadits. ‘’ Jangan sampai keputusan atau fatwa muncul dengan misi lain selain dari ketentuan Allah dalam Alquran dan hadits,’’ tutupnya. (Sadam Al-Ghifari)

Total Views: 36 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

■ Oleh: Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation OPINI, muisulsel.com — Manusia itu lemah. Salah satu kelemahan manusia adalah terbatas oleh banyak batas-batas kemanusiaan itu...

Berita

JAKARTA – Bank Indonesia melakukan upaya mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah bagi kemaslahatan umat. Salah satu caranya melalui pengembangan digitalisasi. Demikian disampaikan oleh Gubernur...

MUI PUSAT

■ Oleh: Dr KH M Asrorun Ni’am MA, Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat OPINI, muisulsel.com — Pendidikan karakter pada anak harus sesuai dengan zamanya,...

Berita

JAKARTA—Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI), Sri Mulyani, mengatakan negara melalui alokasi APBN di masa Pandemi Covid-19 sangat memperhatikan keuangan sosial Islam dan perlunya...