Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Sukses Gelar Talkshow Nasional Penguatan Karakter, Ini Harapan Pengurus Komisi PPRK MUI Sulsel

FOKUS, muisulsel.com — Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga (PPRK) MUI Sulsel sukses menggelar Talkshow Nasional secara hibrid (offline dan online di Hotel Santika Jln Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis (2/12/2022).

Talkshow Nasional Perdana ini mengambil tema “Karakter Keluarga dan Covid 19 (Tantangan dan Harapan)”. Ketua Panitia Talkshow Komisi PPRK MUI Sulsel Hj Masnawati Mappasawang SH MKn berharap kegiatan ini dapat bermanfaat terutama bagi penguatan karakter keluarga dalam menghadapi Covid 19.

Masnawati yang juga Wakil ketua Pengurus pusat Notaris Muslim Indonesia Bidang Tarbiyah dan Diklat ratusan peserta talkshow bisa mengambil pelajaran dari materi yang disampaikan sehingga menjadi nilai penguat karakter dalam menghadapi ujian Covid ini.

Najmuddin juga berharap dalam sambutanya agar kegiatan ini bisa menghasilkan rumusan-rumusan baru untuk pembinaan karakter keluarga maupun anak didik yang menghadapi masa pandemi ini.

Ketua Umum MUI Sulsel Prof KH Najmuddin menilai talkshow ini sangat lengkap dan profesional karena mengikuti gaya TV Nasional. “Sangat profesional karena muatan materi dan tema yang diambil dengan berbagai sudut pandang,” ucapnya.

Prof Dr Hj Siti Aisya Kara M A PhD yang juga Ketua Bidang Komisi PPRK dan lemateri pada talkshow tersebut berharap agar kegiatan ini bisa bermanfaat terutama bagi keluarga yang menghadapi situasi pandemi ini, “Banyak hal baru yang terjadi di masa Covid ini termasuk perubahan karakter pada keluarga maupun anak yang harus kita benahi dengan baik sehingga tidak menimbulkan efek yang lebih besar lagi.”

Ketua Komisi PPRK MUI Sulsel Dr Hj Indo Santalia MA juga berharap agar kegiatan ini menjadi bahan atau materi yang bisa dimanfaatkan untuk memberi sumbangsih terhadap situasi covid seperti ini, bukan hanya pendidikan tapi juga penguatan ekonomi keluarga.

Sekertaris Komisi PPRK MUI Sulsel Dr Hj Syarifah MA juga menambahkan jika kegiatan ini bisa menjadi acuan atau rumusan baru untuk bahan materi pemulihan karakter di era covid ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Ir Imran Jausi M Pd juga menyampaikan dukunganya dan menyambut baik kegiatan Talkshow ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bisa membantu kami selaku pelaksanaan pendidikan untuk menjadi acuan bagi tenaga pengajar dalam menghadapi perubahan karakter siswa di masa covid ini.”

Pernyataan yang sama juga diutarakan Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat Dr KH M Asrorun Ni’am MA juga menyebutkan peran keluarga dalam pengembangan karakter anak didik sangat penting karena itu perintah ajaran islam. “Dalam Islam kita diperintahkan untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka sehingga tema Talkshow ini ini sangat relevan dengan ajaran Islam.”

Sementara itu anggota Panitia PPRK MUI Sulsel Dr Hj Haniah Lc MA juga mengungkapkan agar di masa pandemi ini keluarga harus perbanyak membekali diri dengan ilmu agama untuk diajarkan kepada anaknya. “Suami istri harus saling membantu sehingga masalah bisa teratasi,” ungkapnya.

Turut menjadi pemateri pada talkshow itu Psikolog Evameizarra Puspita Dewi S Psi M si (Psikolog UNM Makassar), Dr Rosmini Amin M Th (Kepala Study Gender dan anak UIN Alauddin Makassar) dan Drs Khaeroni M Si (Utusan Kanwil Sulsel).■ Irfan

Total Views: 1694 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...