Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Asbisindo: Pertumbuhan Perbankan Syariah di Tengah Pandemi Covid-19 Justru Naik

JAKARTA– Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO), Hery Gunardi, mengatakan meski di tengah pandemi Covid-19, perbankan syariah memiliki pertumbuhan bagus.

“Berdasarkan data Agustus 2021, aset tumbuh sebesar 15,29 persen, pembiayaan sebesar 7,67 persen, dan dana pihak ketiga sebesar 14,78 persen,” katanya saat menjadi narasumber pada Ijtima Sanawi Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Kamis (2/12).

Menurutnya, pertumbuhan ini justru berbeda dengan perbankan nasional. Aset perbankan nasional hanya tumbuh 6,95 persen, pembiayaan 1,22 persen, dana pihak ketiga hanya 8,86 persen.

Data ini, kata data, menunjukkan momentum bagus perkembangan bank syariah di Indonesia.

“Kemungkinan karena masyarakat melihat bisnis dan keuangan syariah ini, dengan pola bagi hasil, lebih cocok di masa pandemi,’’ungkapnya.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) ini menambahkan, merger bank syariah BUMN menjadi BSI masuk tujuh besar bank nasional. Selain peringkat, kinerja BSI menjadi lebih solid dan skala ekonominya menguat.

‘’Fakta menunjukan bahwa perbankan syariah lebih tumbuh tinggi dibandingkan dengan industrinya. Alhamdulillah, Covid-19 ini telah mengubah perilaku manusia, menyebabkan Indonesia hidup dengan kebiasaan baru yang semakin going digital,” tuturnya.

Kabar menggembirakan dari industri keuangan syariah ini, tutur dia, tidak lepas dari perkembangan tekhnologi digital yang semakin baik.

“Digitalisasi ini menjangkau semua ekosistem ekonomi syariah yang sangat beragam mulai dari makanan halal, lembaga amil zakat, pesantren, wisata halal, haji dan umroh, Masjid dan lainya,” pungkasnya. (Saddam El Ghifari/Azhar)

Total Views: 322 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

PortalAMANAH.com — Peringatan Milad ke-26 Masjid Al Markaz Islami Makassar berlangsung khidmat dengan dzikir dan doa yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Al Markaz...

MUI PUSAT

FOKUS, muisulsel.com — Spirit Doll atau boneka anak yang lagi viral dimiliki sejumlah selebriti akhir-akhir ini dipercaya membawa keberuntungan oleh sebagian artis di Indonesia. Hal ini...

MUI PUSAT

Feminisme kian menjadi isu fundamental yang terus digaung-gaungkan. Gerakan yang menuntut kesetaraan gender menjadi wacana sosial yang tidak habis-habisnya digalakkan. Konsep kesetaraan bukan lagi...

MUI PUSAT

KABAR, muisulsel.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Wajo Masa Khidmat 2021-2026 di Ruang Pola Kantor Bupati...