Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

MUI Resmi Buka Expo Virtual UMKM Halal 2021

JAKARTA – Expo Virtual UMKM Halal 2021 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberdayaan Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat resmi dibuka pada Senin (6/12).

Penanggung Jawab Expo UMKM Halal 2021, Dra. Delmenita mengatakan bahwa agenda perdana yang berlangsung secara virtual tersebut menaungi para pelaku UMKM yang dibina oleh MUI maupun ormas-ormas Islam yang berada di bawah naungan MUI.

Delmenita menyebutkan, pihaknya baru pertama kali mengadakan Expo UMKM Halal secara virtual. Pada agenda Expo kali ini, pihaknya telah menyiapkan lebih 200 both yang akan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM

“Sebelumnya, kami juga sering mengadakan expo namun secara offline. Pada agenda kali ini, kami menyiapkan lebih dari 200 booth expo dengan 2 hall yang nantinya akan dipakai oleh para pelaku UMKM,” jelas Delmenita, Senin (6/12).

Ia menjelaskan, dari segi kesiapan pelaku UMKM mengikuti expo virtual masih belum maksimal. Penyebabnya, minimnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai proses input produk maupun kesiapan untuk hari H yang dilakukan melalui media digital.

Dijelaskan Delmenita, kendala yang dihadapi para pelaku UMKM mulai dari pengambilan foto produk, pembuatan video mengenai pengenalan produk yang akan ditampilkan saat expo hingga perjalanan pendaftaran serta upload produk dari UMKM. Bagi para pelaku UMKM tahapan untuk mengikuti expo virtual itu adalah hal baru.

“Mereka belum terbiasa untuk menggunakan media digital. Oleh sebab itu, untuk kedepannya bisa dibentuk pelatihan-pelatihan mengenai pemasaran secara digital bagi UMKM,” katanya.

Lebih lanjut, Delmenita berharap semangat dari diselenggarakannya expo virtual akan ditularkan sebagai sarana pasar tanpa batas bagi UMKM.

Dengan demikian, para pelaku UMKM di desa mampu memanfaatkan platform sosial untuk mengembangkan serta memasarkan produknya tanpa perlu menyewa tempat yang mahal.

Dalam Expo Virtual UMKM Halal tahun 2021 itu, panitia menyediakan platform bagi peserta selama satu bulan untuk mengenalkan berbagai produknya. Meski demikian, panitia juga mengadakan even expo ini berlangsung secara live hanya selama satu minggu. (Isyatami Aulia/Angga)

Total Views: 965 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA — Wakil Ketua Komisi Infokom MUI, Ismail Fahmi, Ph.D. menyebut media sosial harus diisi dengan konten moderasi dan Islam wasathiyah. Hal ini ia...

Berita

 JAKARTA—Staf Ahli Utama Kantor Sekretariat Presiden, Dr Rumadi, menyatakan politik identitas memang tidak dilarang dan diharamkan di Indonesia, tetapi politik identitas tersebut jangan sampai...

Berita

JAKARTA — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Infokom KH Masduki Baidlowi menegaskan bahwa metode dakwah harus menyesuaikan perkembangan digital. Beliau menuturkan bahwa saat...

Berita

JAKARTA— Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Berita duka kembali datang dari salah satu ulama Alawiyah. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Habib...