Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Lagi, MUI Sabet Sertifikat ISO Sebagai Organisasi Profesional dan Akuntabel

MUISUMUT— JAKARTA, The International Organization for Standardization (ISO) merupakan salah satu badan pengaturan standar internasional yang terdiri dari perwakilan badan standarisasi nasional masing-masing negara untuk mengukur kualitas organisasi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menerima Sertifikat ISO 9001: 2015. Sertifikat ini menandakan bahwa MUI memiliki komitmen untuk menjadi organisasi yang profesional dan akuntabel.

Sertifikat ISO 9001: 2015 diserahkan Iskandar Zulkarnain selaku Komisaris WQA Regional Pasifik secara simbolik kepada Ketua Umum MUI saat ini, KH Miftachul Akhyar. Penyerahan ini disaksikan langsung oleh beberapa tokoh penting antara lain Zainut Tauhid Sa’adi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Agama, Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI, sejumlah duta besar negara sahabat, dan segenap dewan pimpinan harian MUI.

Komisaris WQA Regional Asia Pasifik, Iskandar Zulkarnain, menyampaikan selamat kepada MUI atas keberhasilannya mempertahankan maintenance ISO. Sertifikat ini merupakan penghargaan dan bentuk pengakuan lembaga sertifikasi internasional.
Iskandar berpendapat bahwa MUI terapkan sistem manajemen mutu, sertifikat ini menunjukkan komitmen MUI dan semua pengurusnya menjalankan persyaratan dari sertifikat ISO 9001: 2015.

Iskandar berahap melalui sertifikat ini akan meningkatkan pelayanan MUI terhadap umat dan mitra kerja, meningkatkan produktivitas dan budaya kerja MUI, meningkatkan kinerja selama pandemi sekaligus wujudkan MUI menjadi organisasi modern, profesional, akuntabel, dan transparan.

“pencapaian ini bukan tujuan akhir, melainkan langkah keberlanjutan MUI untuk proses perbaikan berkesinambungan, dengan pencapaian ini diharapkan semangat motivasi dan menularkannya kepada seluruh MUI provinsi dan ormas Islam melakukan perbaikan jadi organisasi modern, bersih, dan profesinoal”, tuturnya.

Pernyataan tersebut direspon langsung oleh Wakil Ketua Umum MUI Buya Anwar Abbas. Dalam pengarahannya, mewakili Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar, Buya Anwar Abbas, mengatakan MUI ingin menjadi organisasi modern. Salah satu ciri modern tersebut adalah dalam bertindak bersifat efesian dan efektif.

Masih dalam pengarahannya, Buya Anwar Abbas mengaku MUI sudah berusaha untuk terus menjalankan perannya dengan sebaik mungkin dan tetap menerima kritik sebagai evaluasi kinerja. “Tetap kritik kita dengar dan mencoba berbenah, dan kritik kita jadikan alat evaluasi diri dan kinerja”, kata dia.

Terkait acara penyerahan sertifikat, Ketua MUI Bidang Organisasi , Prof KH Noor Achmad, mengatakan bahwa untuk kali kedua MUI berhasil meraih sertifikat ISO. Sertifikat yang sama berhasil didapatkan sejak 2017 lalu.
Kiai Noor mengaku, sertifikat ini menunjukkan bahwa MUI adalah salah satu lembaga keagamaan yang mempunyai kinerja, tata kerja, sistem organisasi,yang tidak hanya dinilai nasional tetapi juga mendapat pengakuan lembaga internasional.

Kiai Noor juga mengaku, upaya ini dirintis secara sungguh-sungguh salah satunya oleh Buya Anwar Abbas dan sejumlah tokoh di Baznas seperti Prof Bambang Sudibyo.
Dengan demikian, kata dia, dirinya berharap Baznas dan MUI, jadi organisasi keagamaan yang terbaik di Indonesia, khususnya kinerja pelaksanaan organisasi, sehingga kepercayaan kepada lembaga keagamaan meningkat. “Itu terus kita lakukan bersama”, ucap Kiai Noor.

Kiai Noor melanjutkan, pengurus MUI dan lingkungan MUI termasuk semua karyawan pegawai merupakan orang yang memiliki kredebilitas, profesionalitas dan dapat dipercaya
“Sekarang ini, di lingkungan MUI, tidak hanya pengurusnya, tetapi semua karyawan pegawai, adalah orang yang punya profesionalitas dan bisa dipercaya”.

Tak lupa untuk berterima kasih, Kiai Noor juga berharap MUI dapat mempertahankan prestasi yang sudah dicapai.
“Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada WQA yang telah beri kepercayaan kepada MUI, kerjasama ini, berharap terus berlanjut. Dan insya Allah MUI terus pertahankan kepercayaan ini,” Ungkapnya.

Total Views: 725 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA — Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Marsudi Syuhud menutup rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) kedua MUI dengan mengajak para...

Berita

JAKARTA— Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-2 MUI berjalan dengan lancar dan sukses dengan melahirkan sejumlah rekomendasi penting, salah satunya menyoroti persiapan umat hadapi Pemilu...

Berita

JAKARTA—Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Marsudi Syuhud memberikan penjelasan terkait dengan hasil rekomendasi Mukernas ke-2 yang menyoroti soal pemilu 2024. Kiai...

MUI PUSAT

Surabaya, MUIJatim.or.id Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2022 digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta yang dibuka langsung oleh...