Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Forum Kemanusiaan Lintas Agama Terbentuk, Ini Tanggapan Tokoh Agama

FOKUS, muisulsel.com — Pembentukan “Forum Kemanusiaan Lintas Agama (FKLA) Sulsel” pada acara Silaturahmi Majelis Agama Propinsi Sulsel oleh Komisi Hubungan Antar Umat Beragama MUI mendapat tanggapan positif dari semua tokoh agama yang hadir.

Pdt Albert Arina mewakili Keuskupan Agung Makassar berharap  pembentukan forum kemanusiaan ini dapat meningkatkan persatuan dalam bingkai kebhinekaan.

Ia mengatakan melalui forum ini agar ada peningkatan kerjasama atau karya di bidang kemanusiaan antar umat beragama di Sulsel. “Kegiatan dan pembentukan forum kemanusiaan ini sangat baik karena ini merupakan  suatu terobosan baru untuk merajut kembali rasa persaudaraan dan persatuan antar umat beragama,” ujarnya di Hotel Lariz Alauddin Makassar, Sabtu (11/12/2021).

Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Sulsel Henry Sumitomo juga memastikan forum ini akan sangat membantu dan bermanfaat terutama peningkatan persaudaraan antar umat beragama.

“Kegiatan ini harus diaktualisasikan dalam bentuk kerjasama kemanusiaan seperti bakti sosial dan kerjasama lainya,” ucapnya.

Harapan yang sama dari Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu (Matakin) Sulsel dr Ferdy M Sutomo. selanjutnya harus ada kegiatan sosial bersama yang rutin dilaksanakan.

Ferdy juga berharap dengan pembentukan forum kemanusiaan antar umat beragama dapat melahirkan persaudaraan antar umat beragama.

Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Sulsel Dr Ir Yongris MM mengapresiasi panitia karena kegiatan silaturahmi seperti ini sudah jarang dilakukan.

Yongris juga menambahkan kedepannya kegiatan sosial yang melibatkan umat  lintas agama harus terpublikasikan sehingga masyarakat mengetahui aksi kemanusiaan yang dilakukan.”Jika sudah terpublikasikan maka akan meningkatkan rasa persaudaraan antar umat beragama,” ungkapnya.

Ketua Perhimpunan Gereja Wilayah (PGW) Sulsel Pdt Adrie Masiee juga berharap agar kegiatan sosial seperti kerja bakti antar umat beragama harus digalakkan.

Adrie juga berharap silaturahmi ini bisa meningkatkan rasa persaudaraan antar umat beragama. “Saya juga pernah melakukan bakti sosial dengan membersihkan dan mencat masjid,” ucapnya.

Perwakilan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sulsel, Ir I Nyoman Sumarya juga berharap agar kegiatan silaturahmi ini dapat memupuk rasa kepedulian antar umat beragama terutama kemanusiaan.

I Nyoman juga berharap agar forum kemanusiaan yang baru dibentuk dapat meningkatkan kerjasama kemanusiaan antar umat beragama.■ irfan

Total Views: 272 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

muisumut.com. Medan,-Gubernur Sumuatera Utara H. Edy Rahmayadi, menyebutkan tuntutan Jaksa Penutut Umum  (JPU) Andri Rica Manurung  pada persidangan Pengadilan Negeri Rantau Prapat, (19/1) terhadap...

MUI PUSAT

Minyak bekas menggoreng acap dibuang menjadi limbah. Namun jika menjadi limbah buang mencemari lingkungan. Mengurangi dampak lingkungan dari minyak bekas gorengan (jelantah) Lembaga pemuliaan...

MUI PUSAT

Pelatihan Aquaponik dan Urban Farming Kolaborasi Yoga Farm dan Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup-Sumber Daya Alam, Majelis Ulama Indonesia (LPLH-SDA) MUI Prov. Bali, Sabtu 28/8/21...

MUI PUSAT

Muisumut.com – Muzakarah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara yang diselenggarakan Bidang Fatwa menarik perhatian banyak peserta. Muzakarah yang berlangsung di Aula MUI Sumut,...