Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

MUI Sulsel Gelar Sidang Penetapan Fatwa Respon Fenomena Mistery Box

FOKUS, muisulsel.com — Komisi Fatwa MUI Sulsel adakan rapat penetapan fatwa untuk merespon kasus penipuan mistery box yang marak terjadi di tengah masyarakat.

Rapat ini berlangsung di Sekretariat MUI Sulsel Jln Masjid Raya Makassar pada Selasa (4/1/2022).

Kasus mistery box akhir-akhir ini sangat merugikan masyarakat sehingga MUI Sulsel merespon dan berusaha untuk merilis fatwa untuk menjelaskan fenomena ini secara syar’i.

Mistery box ini terjadi di penjualan online marketplace. Barang yang dipesan pembeli dikirim secara acak dan misterius. Dalam transaksi ini pembeli tidak boleh komplain terhadap barang yang tidak sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Secara hukum Islam penjual dan pembeli harus melalui akad. Dalam transaksi tidak boleh ada yang dirugikan baik penjual dan pembeli. Barang yang diperjualbelikan harus diperlihatkan.

Ketua Komisi Fatwa MUI Sulsel Prof Dr KH M Rusydi Khalid MA juga menjelaskan Kasus penipuan mistery box menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi.

Rusydi juga berharap kepada pemerintah agar lebih mengawasi dan melindungi masyarakat dari kasus mistery box yang banyak merugikan masyarakat.

“Dalam Islam sudah jelas tentang aturan dalam jual beli seperti barang yang dijual harus jelas diperlihatkan, dan tidak boleh ada yang dirugikan.Transaksi mistery box sudah lama berlaku di negara Amerika Serikat hanya saja baru berlaku di Indonesia,” jelasnya.

Turut Hadir dalam rapat ini, Sekum MUI Sulsel DR KH Muammar Bakri Lc MA, para pengurus harian Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sulsel, Dr KH Shaifullah Rusmin Lc M Th I.

DR KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc, Dr H Abdul Syatar Lc M H I, KH Khiyar Hijaz Lc MA, Dr H Nasrullah bin Sapa Lc MM, Islamul Haq Lc MA, Dr H Abd Rahman Ambo Masse Lc MEI, Dr KH Abbas Baco Miro Lc MA.■ Irfan

The post MUI Sulsel Gelar Sidang Penetapan Fatwa Respon Fenomena Mistery Box appeared first on MUI SULSEL.

Total Views: 394 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

muisumut.com. Medan,-Gubernur Sumuatera Utara H. Edy Rahmayadi, menyebutkan tuntutan Jaksa Penutut Umum  (JPU) Andri Rica Manurung  pada persidangan Pengadilan Negeri Rantau Prapat, (19/1) terhadap...

MUI PUSAT

Minyak bekas menggoreng acap dibuang menjadi limbah. Namun jika menjadi limbah buang mencemari lingkungan. Mengurangi dampak lingkungan dari minyak bekas gorengan (jelantah) Lembaga pemuliaan...

MUI PUSAT

Pelatihan Aquaponik dan Urban Farming Kolaborasi Yoga Farm dan Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup-Sumber Daya Alam, Majelis Ulama Indonesia (LPLH-SDA) MUI Prov. Bali, Sabtu 28/8/21...

MUI PUSAT

Muisumut.com – Muzakarah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara yang diselenggarakan Bidang Fatwa menarik perhatian banyak peserta. Muzakarah yang berlangsung di Aula MUI Sumut,...