Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Terkumpul 33 Juta, MUI Sumut Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di 7 Kab/Kota

Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Ayahanda Dr. H. Maratua Simanjuntak mengajak segenap Pengurus MUI Sumatera Utara untuk bersedekah membantu para warga Muslim Korban banjir di Sumatera Utara. Ketua Umum mengamanahkan Bidang Komisi Sosial dan Bencana MUI SU

Melalui Komisi Bidang Sosial Bencana, MUI Sumatera Utara berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp33.200.000 untuk disalurkan kepada para korban banjir di 7 Kab/Kota, Rabu (5/1).

Hal ini disampaikan oleh Nani Ayum Panggabean selaku Sekretaris Bidang Sosial Bencana MUI Sumatera Utara, bahwa sebelumnya penggalangan dana sudah dilakukan melalui list grup MUI Sumatera Utara dan infaq rutin pengurus.

“MUI Sumut menggalang dana dengan cara membuat daftar list pada grup MUI Sumut antar komisi, terkumpul lah sebanyak Rp13.200.000 kemudian ditambahkan dengan infaq rutin pengurus MUI Sumut tahun 2021 sebesar Rp20.000.000, jadi total Rp33.200.000,” ucapnya.

Dari keseluruhan dana yang terkumpul, Nani Ayum bersama Ahmad Darwis Ritonga dan Salmah Pasaribu selaku petugas sekretariat MUI Sumatera Utara kemudian membagi dana tersebut untuk disalurkan ke masing-masing daerah.

“Lewat perantara MUI Kab/Kota, ada 6 lokasi yaitu MUI Kabupaten Nias Utara, MUI Kota Gunung Sitoli, MUI Kota Tebing Tinggi, MUI Kab. Sergai yang masing-masing sebanyak Rp 5.000.000 kemudian MUI Kab. Madina dan MUI Kab. Palas masing-masing Rp 6.000.000,” terangnya.

Sementara satu daerah lagi, Nani menyampaikan bantuan sebesar Rp1.200.000 diberikan kepada warga terdampak banjir di Kota Medan.

“Secara total 32 juta dikirim ke 6 kab/kota, sisanya di kota Medan untuk pemberian sembako kepada dhuafa di sekitar bantaran sungai Deli yang terdampak banjir,” kata Nani.

Dr. H. Maratua menyebutkan, adapun bantuan yang terkumpul ini diutamakan untuk diberi kepada keluarga muslim dhuafa yang terdampak banjir. Semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat.

“Memang donasi yang diberikan ini sangatlah sedikit, tetapi rasa empati atas penderitaan saudara itulah yang sangat berharga. Semoga para donatur senantiasa mendapat Rahmat Ilahiyah,” ungkapnya.

Dr. H. Maratua juga menyarankan agar penghimpunan dana yang akan didonasikan akan terus dilanjutkan bagi yang ingin bersedekah.

“Karena situasi banjir seperti saat ini diharapkan donasi jangan ditutup dulu lanjutkan bagi yang masih ingin bersedekah”, tutupnya.

‎مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allah memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. (HR Muslim)

Total Views: 1164 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...