Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Terkumpul 33 Juta, MUI Sumut Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di 7 Kab/Kota

Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Ayahanda Dr. H. Maratua Simanjuntak mengajak segenap Pengurus MUI Sumatera Utara untuk bersedekah membantu para warga Muslim Korban banjir di Sumatera Utara. Ketua Umum mengamanahkan Bidang Komisi Sosial dan Bencana MUI SU

Melalui Komisi Bidang Sosial Bencana, MUI Sumatera Utara berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp33.200.000 untuk disalurkan kepada para korban banjir di 7 Kab/Kota, Rabu (5/1).

Hal ini disampaikan oleh Nani Ayum Panggabean selaku Sekretaris Bidang Sosial Bencana MUI Sumatera Utara, bahwa sebelumnya penggalangan dana sudah dilakukan melalui list grup MUI Sumatera Utara dan infaq rutin pengurus.

“MUI Sumut menggalang dana dengan cara membuat daftar list pada grup MUI Sumut antar komisi, terkumpul lah sebanyak Rp13.200.000 kemudian ditambahkan dengan infaq rutin pengurus MUI Sumut tahun 2021 sebesar Rp20.000.000, jadi total Rp33.200.000,” ucapnya.

Dari keseluruhan dana yang terkumpul, Nani Ayum bersama Ahmad Darwis Ritonga dan Salmah Pasaribu selaku petugas sekretariat MUI Sumatera Utara kemudian membagi dana tersebut untuk disalurkan ke masing-masing daerah.

“Lewat perantara MUI Kab/Kota, ada 6 lokasi yaitu MUI Kabupaten Nias Utara, MUI Kota Gunung Sitoli, MUI Kota Tebing Tinggi, MUI Kab. Sergai yang masing-masing sebanyak Rp 5.000.000 kemudian MUI Kab. Madina dan MUI Kab. Palas masing-masing Rp 6.000.000,” terangnya.

Sementara satu daerah lagi, Nani menyampaikan bantuan sebesar Rp1.200.000 diberikan kepada warga terdampak banjir di Kota Medan.

“Secara total 32 juta dikirim ke 6 kab/kota, sisanya di kota Medan untuk pemberian sembako kepada dhuafa di sekitar bantaran sungai Deli yang terdampak banjir,” kata Nani.

Dr. H. Maratua menyebutkan, adapun bantuan yang terkumpul ini diutamakan untuk diberi kepada keluarga muslim dhuafa yang terdampak banjir. Semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat.

“Memang donasi yang diberikan ini sangatlah sedikit, tetapi rasa empati atas penderitaan saudara itulah yang sangat berharga. Semoga para donatur senantiasa mendapat Rahmat Ilahiyah,” ungkapnya.

Dr. H. Maratua juga menyarankan agar penghimpunan dana yang akan didonasikan akan terus dilanjutkan bagi yang ingin bersedekah.

“Karena situasi banjir seperti saat ini diharapkan donasi jangan ditutup dulu lanjutkan bagi yang masih ingin bersedekah”, tutupnya.

‎مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allah memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. (HR Muslim)

Total Views: 402 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

PortalAMANAH.com — Peringatan Milad ke-26 Masjid Al Markaz Islami Makassar berlangsung khidmat dengan dzikir dan doa yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Al Markaz...

MUI PUSAT

FOKUS, muisulsel.com — Spirit Doll atau boneka anak yang lagi viral dimiliki sejumlah selebriti akhir-akhir ini dipercaya membawa keberuntungan oleh sebagian artis di Indonesia. Hal ini...

MUI PUSAT

Feminisme kian menjadi isu fundamental yang terus digaung-gaungkan. Gerakan yang menuntut kesetaraan gender menjadi wacana sosial yang tidak habis-habisnya digalakkan. Konsep kesetaraan bukan lagi...

MUI PUSAT

KABAR, muisulsel.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Wajo Masa Khidmat 2021-2026 di Ruang Pola Kantor Bupati...