Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Pelatihan Aquaponik dan Urban Farming

Pelatihan Aquaponik dan Urban Farming

Kolaborasi Yoga Farm dan Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup-Sumber Daya Alam, Majelis Ulama Indonesia (LPLH-SDA) MUI Prov. Bali, Sabtu 28/8/21 berjalan sangat produktif. Kegiatan sehari dengan peserta 20 orang ini, mengambil tempat di Yoga Farm di Kuta, Badung, Bali dipimpin langsung oleh Yoga Setyadarma, Pengusaha yang selalu ingin memberikan edukasi untuk masyarakat luas.

Program Urban Farming sangat cocok untuk masa Pandemi seperti saat ini. Dimana masyarakat perkotaan dapat juga bertani di halaman rumah dan di lahan yang terbatas. Pilih tanaman yang mudah ditanam, tidak ribet saat perawatan dan tidak perlu waktu lama untuk dipanen seperti cabe, tomat, kangkung dan sayur mayur lainnya. Terpenting ada sinar matahari dan media tanam.

Persoalan Lingkungan hidup adalah termasuk juga tentang moral, jadi untuk menjaga, melestarikan dan memuliakan Lingkungan hidup bukan hanya urusan Pemerintah tetapi urusan kita semua. Kita perlu berkolaborasi bersama sama memberdayakan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Edukasi dan pemberdayaan Masyarakat untuk cinta pada lingkungan hidup disekitarnya sangatlah penting. Bahkan sedini mungkin setiap generasi diajarkan untuk mengurangi pengunaan sampah plastik sekali pakai (tas kresek, botol/ gelas plastik), tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah dan memanfaatkan sampah 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

“Agriculture is our future” imbuh Yoga, yang juga seorang Pengusaha kuliner ini. Kita sebaiknya jangan hanya memikirkan pekerjaan pekerjaan sektor Industri dan non agriculture. Pekerjaan bidang Pertanian sangat dibutuhkan dimasa depan karena setiap orang membutuhkan makanan yang sehat ditambah lagi minat akan healthy & fresh food terus meningkat.

Para milineal saat ini lebih memilih makanan segar dan sehat untuk konsumsi mereka sehari hari dan telah menjadi lifestyle mereka. Sayur mayur yang tumbuh secara alami tanpa peptisida lebih disenangi oleh masyarakat modern saat ini, karena membuat tubuh lebih sehat dan mendapatkan energi lebih.

Koordinator pelatihan Aquaponik Ir. H. Slamet Widodo mengatakan Rotary membantu proyek Urban farming ini dengan penyediaan kolam Lele dan menggunakan sayuran Kangkung diatas kolam sehingga proses Aquaponik dapat terjadi secara alami. Ikan Lele dagingnya lebih tebal dan kangkungnya lebih sehat dan bersih.

Pelatihan juga tentang pembudidayaan ikan Nila, bertani dalam green house, ecoenzym, ternak tikus putih dan sistem aquaponik. Bisa dibayangkan bila setiap keluarga memiliki lahan sendiri untuk bercocok tanam di pekarangan rumah dengan tanaman pertanian dan kolam ikan kecil untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari hari. Selain akan menyibukkan diri kita saat dirumah, kita juga bisa menghemat pengeluaran belanja kita. (AI)

The post Pelatihan Aquaponik dan Urban Farming appeared first on MUI BALI.

Total Views: 630 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA — Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Marsudi Syuhud menutup rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) kedua MUI dengan mengajak para...

Berita

JAKARTA— Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-2 MUI berjalan dengan lancar dan sukses dengan melahirkan sejumlah rekomendasi penting, salah satunya menyoroti persiapan umat hadapi Pemilu...

Berita

JAKARTA—Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Marsudi Syuhud memberikan penjelasan terkait dengan hasil rekomendasi Mukernas ke-2 yang menyoroti soal pemilu 2024. Kiai...

MUI PUSAT

Surabaya, MUIJatim.or.id Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2022 digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta yang dibuka langsung oleh...