Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Tim Majalah Media Ulama Telusuri Kampung Halaman Ketum MUI Sumut Maratua Simanjuntak

muisumut.com, Panyabungan, Tim Majalah Media Ulama Infokom MUI Sumut mengunjungi Desa Bandar Limabung, Lingga Bayu, Kab. Mandailing Natal yang merupakan kampung halaman Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Maratua Simanjuntak pada Selasa, (1/2).

Tujuan utama kedatangan tim infokom ke Bandar Limabung, kampung halaman Maratua, adalah untuk mengumpulkan data  terkait biografi ketum MUI Sumut tersebut.

“Kunjungan ini bermaksud untuk mendokumentasikan biografi Dr. H. Maratua Simanjuntak dalam bentuk tayangan video dokumenter,” ucap Dr. Akmaluddin Syahputra, M.Hum selaku Kabid Infokom MUI Sumut.

Tim infokom pun melakukan perjalanan sekitar tiga jam dari kota Panyabungan menuju Simpang Gambir. Setelah  melintasi jalan berbatu dan curam melewati  perkebunan PT. PSU (Perkebunan Sumatera Utara) eks perkebunan Belanda yang berjarak 7 km dari kampung  Limabung, jarak ini harus ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Infokom MUI Mandailing Natal H. Alwin Tanjung, M.Th, ikut mendampingi tim Infokom MUI Sumut sekaligus menjadi pemandu jalan menuju Bandar Limabung.

Sesampai di Simpang Gambir (nama kampung sebelum kampung Dr. Maratua), Tim Infokom MUI Sumut juga turut didampingi oleh Ketua MUI Kecamatan Lingga Bayu, Uwais Al Qorni.

Tiba di kampung halaman Limabong Kec. Lingga Bayu, tim infokom MUI Sumut mendapatkan bait kesan dari orang-orang terdekat. yang memanggil Dr. Maratua Simanjuntak dengan  sebutan “Mora”

Bertua Simanjuntak, yang merupakan keponakan ketum MUI Sumut itu menyampaikan bahwa ia mendengar kisah tentang Maratua dari orang tuanya.

“Menurut cerita orang-orang tuaku dulu, orang tua Pak Maratua ini muallaf. Namanya Dimuallafkan sama Khalifah Arifin yang merupakan pembuka jalan kampung ini,” ucapnya.

Berziarah Khalifah Arifin Simanjuntak

Dari Nurhayati Panjaitan, yang merupakan bibi Maratua, kami mendapati informasi bahwa ia lebih mengenal Maratua sebagai anak yang giat belajar sejak kecil.

“Dia itu dari dulu memang giat belajar. Yang paling ku ingat dulu dia sekolah arab di daerah Batu Loting, rajinlah memang anaknya,” ungkapnya.

dirumah tempat dimana Dr. Maratua Simanjuntak dilahirkan, Desa LImabong Kec. Lingga Bayu, saat ini rumah tersebut dihuni oleh Ibu Zahara Siregar  istri dari almarhum Maharuddin Lubis yang merupakan Ipar dari Dr. Maratua

Untuk mendapatkan data lengkap tentang biografi Maratua, tim infokom masih harus mengunjungi beberapa lokasi lagi sebagai informasi tambahan.

Dr. Akmaluddin Syahputra menyampaikan bahwa tim infokom sudah mendatangi sekolah Ketum MUI Sumut itu. Meski tentunya sekolah tersbut telah mengalami banyak perubahan namun semoga bisa memberikan informasi terkait dokumentasi biografi

Sekolah Dasar Dr. Maratua saat ini dikenal dengan UPTD SD Negeri 288 Simpang Bajole Wilayah XII Kec. Lingga Bayu. Sekolah Arab tempat beliau mengaji yang jaraknya cukup jauh, hampir 1 jam dengan mengendarai mobil Tim Infokom barulah tiba di Madrasah Diniyah Awaliyah MDA Simpang Duku Kec. Lingga Bayu

“Tim Infokom  mendatangi sekolah beliau di Lingga Bayu yang merupakan tempat Dr. Maratua menuntut ilmu kemudian juga sekolah Arabnya di Batu Loting,” ucap Akmaluddin.

Akmaluddin berharap data-data yang akan dikumpulkan nantinya bisa segera rampung. “Semoga bisa rampung datanya biar bisa segera kita hasilkan dalam bentuk biografi,” harapnya.

(YLT)

Total Views: 977 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (PEU) MUI Sulsel bakal tayang dengan program siaran dakwah literasi ekonomi syariah di TVRI Sulsel. Ketua Bidang...

Berita

JAKARTA — Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mempertanyakan potensi ekonomi umat yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Namun, potensi itu masih belum bisa memberikan...

MUI PUSAT

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...

Berita

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...