Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Pimpinan Ponpes An-Noor Bandar Lampung Dikukuhkan Menjadi Guru Besar

Bandar Lampung: Pimpinan Pondok Pesantren An-noor Bandar Lampung, Kyai Profesor Dr. Ruslan Abdul Ghofur Noor, S. Ag. M. Si. Dikukuhkan menjadi guru besar bidang Imu Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukhri, M. Ag. Dalam sidang senat terbuka di Ballroom gedung Akademik dan Research Center, Kamis (18/11/2021).

Gelar Guru Besar merupakan bentuk pengakuan akademik tertinggi yang diberikan kepada pengajar. Kyai Ruslan sapaan akrab beliau, terhitung sejak 1 juli 2021 dinaikan jabatan menjadi Profesor atau Guru Besar dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam dengan angka kredit 879,5. Beliau meraih jabatan tertinggi Profesor atau Guru Besar dengan predikat Profesor termuda di Provinsi Lampung.

Putra Kelahiran Bukit Tinggi, Kemuning pada 01 Agustus 1980 ini menyelesaikan jenjang pendidikannya di SDN 1 sukarame, Ponpes Arisalah Ponorogo, Mts Ponpes Fatuhiyah 2 Lampung Utara, dan MAN 1 Bandar Lampung. Sedangkan untuk gelar sarjana sendiri, diperoleh di IAIN Sunan Ampel Surabaya, S2 di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan S3 di Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain menjabat sebagai Profesor atau Guru Besar, Kyai Ruslan juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Islam UIN RIL, Ketua Dewan Pembina Bisnis Pesantren (Hebitren) Lampung dan Wakil Katib Syuriyah PWNU Lampung.

Dalam orasi ilmiahnya, Kyai Ruslan menyampaikan mengenai penguatan struktur perekonomian Indonesia d,alam menciptakan keadilan ekonomi perspektif ekonomi islam. Menurutnya, beragam struktur ekonomi Indonesia melibatkan tiga sektor besar pemerintah diwakili BUMN, Swasta dan Sektor ekonomi rakyat yang sering disebut koperasi.

KH. Achmad Chalwani Nawawi selaku pengasuh ponpes An-Nawawi Berjan Purworejo mengucapkan selamat dan sukses atas dikukuhkanya Kyai Ruslan, “Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Profesor Dr. Ruslan Abdul Ghofur Noor, M. Si. Yang telah dikukuhkan sebagai guru besar bidang ekonomi islam di UIN Raden Intan Lampung, mudah-mudahan berkah dan bermanfaat bagi perkembangan Islam Indonesia dan Ahlussunnah Wal Jamaah.”

Selain itu juga ada ucapan selamat dan sukses dari Tokoh penting lainnya, diantaranya Prof. H. Imam Suprayogi tokoh pendidikan Islam, Moh. Anwar Bashori kepala Deks BI, Prof. H. Masdar Hilmi Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya.

Terahir sebagai penutup, Kyai Ruslan mengucapkan banyak rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT juga pada istri, anak dan keluarga besar, kerabat, serta para santri beliau yang turut mendukung, mensupport dan mendo’akan beliau.

“Harapan Nyai, selaku istri tentunya, semoga setelah pengukuhan guru besar Yai, semoga Yai semakin manfaat untuk umat, berkah, sukses dunia akhirat, pokoknya yang terbaik buat Yai dan semuanya. Nyai juga merasa bangga, senang, lega, dan turut bahagia.” Ujar Nyai Ervina Ashanti, S.S.SH. selaku istri dari Kyai Ruslan. (Saibani)

Total Views: 190 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (PEU) MUI Sulsel bakal tayang dengan program siaran dakwah literasi ekonomi syariah di TVRI Sulsel. Ketua Bidang...

Berita

JAKARTA — Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mempertanyakan potensi ekonomi umat yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Namun, potensi itu masih belum bisa memberikan...

MUI PUSAT

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...

Berita

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...