Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

FKUB Kota Bandar Lampung Jadi Tempat Rujukan Studi Banding

Bandar Lampung: Terhitung sejak 2020 hingga 2021, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandar Lampung menjadi rujukan studi banding bagi FKUB kota dan kabupaten daerah lain. Hingga saat ini, telah dikunjungi oleh 5 (lima) FKUB Kabupaten Kota dari daerah lain. Hal ini disampaikan oleh Ketua FKUB Kota Bandar Lampung, H. Purna Irawan, S.Ag., pada Senin, 15/11/2021.

“Kita sudah dikunjungi FKUB Bengkulu, FKUB Kota Jambi, FKUB Kota Serang, FKUB Kota Pagar Alam, dan FKUB Padang Sumbar. Semua kunjungan itu kita jadikan sebagai ajang silaturahmi, bertukar informasi dan sharing program serta srategi dalam menciptakan dan menjaga kerukunan hidup beragama (Tri Kerukunan), ujar Purna.

Ia juga menambahkan sudah saatnya, sebagai warga negara, bukan hanya bicara pada tataran teori, tapi harus pada kehidupan nyata. Tantangan, masalah yang terjadi, merupakan bagian dari dinamika dalam menjalankan tugas.

“Karenanya, kekompakan dan memiliki niat serta tujuan yang sama untuk mewujudkan kerukunan merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap anggota FKUB. Rukun akan terjadi bukan karena semua sama, namun karena perbedaan yang mengedepankan sifat saling menghargai, menghormati dan perduli,” jelas Purna.

Karena itu, lanjutnya, yang mayoritas mengayomi yang minoritas. Minoritas menghargai dan mendukung yang mayoritas. Peran serta FKUB mendukung pemerintah dalam pembangunan kerukunan tentu tidak akan pernah sia-sia. Sebab dengan adanya kerukunan kehidupan beragama maka pembangunan yang lain bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Ia juga menjelaskan, pada kunjungan silaturahmi FKUB Kota Pagar Alam, beberapa waktu lalu, yang dilaksanakan di Gedung Tapis Berseri dihadiri oleh Kaban Kesbangpol mewakili Walikota, seluruh jajaran pejabat Kesbangpol, Ketua dan seluruh anggota FKUB Kota Bandar Lampung. (Abdul Qodir Zaelani).

Total Views: 105 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (PEU) MUI Sulsel bakal tayang dengan program siaran dakwah literasi ekonomi syariah di TVRI Sulsel. Ketua Bidang...

Berita

JAKARTA — Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mempertanyakan potensi ekonomi umat yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Namun, potensi itu masih belum bisa memberikan...

MUI PUSAT

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...

Berita

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...