Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

MUI Kecamatan Manggala Makassar Harap Pesan Islam Wasathiyah di Bulan Ramadhan

FOKUS, muisulsel.com — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Manggala Makassar Drs Abd Rasyid Qudaeda MPd berharap para mubaliq sosialisasikan nilai Islam Wasathiyah saat menyampaikan materi ceramah di bulan Ramadhan.

“Perbedaan mazhab adalah sunatullah sehingga tidak perlu diperdebatkan. Marilah kita hilangkan perbedaan dan tingkatkan persatuan umat di momentun Ramadhan ini,” ujar Rasyid yang juga merupakan anggota Komisi Dakwah MUI Sulsel.

Hal itu terungkap dalam Silaturahmi dan Dialog Manggala diselenggarakan oleh Kantor Urusan agama kecamatan (KUA) Manggala dan Yayasan Al-amin Masjid Besar Manggala pada Rabu (30/3/2022).

Kepala KUA Manggala Ahmad Jazil S Th I, M Pd dalam sambutanya menyampaikan sosialisai peraturan menteri agama tentang pengaturan pengeras suara adzan.

Jazil meluruskan pemahaman masyarakat selama ini tentang peraturan menteri agama soal pengeras suara. “Menteri agama tidak melarang adzan atau suara mengaji sebelum waktu shoalat melainkan volumenya diperkecil sesuai kebutuhan jamaah.”

“KUA tak hanya melayani masalah nikah saja melainkan ada tugas lain yang dikerjakan seperti mengurus wakaf dan pelayanan penentuan arah kiblat,” jelasnya.

Jazil juga mensosialisasikan aturan nikah yang harus memenuhi syarat maksimal 19 tahun baik laki-laki dan perempuan. Jika tidak memenuhi syarat maka KUA tidak melayani kecuali ada keputusan dari pengadilan agama.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kapolsek Manggala Kompol Edy Supriadi, Abd Rahman (Babinsa Manggala) Camat Manggala atau yang mewakili Drs Jufri, Ketua Pengurus Masjid Besar Al-Amin kecamatan Manggala DR H Ibrahim Samaa MM.

Pengurus KUA Manggala uang Hadir Drs Awaluddin Umar MPd, DR Ramli MThI, Hammad SAg MPdI, Drs Khaeruddin MA dan Hasnah SPd SHI.■ Irfan

The post MUI Kecamatan Manggala Makassar Harap Pesan Islam Wasathiyah di Bulan Ramadhan appeared first on MUI SULSEL.

Total Views: 101 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (PEU) MUI Sulsel bakal tayang dengan program siaran dakwah literasi ekonomi syariah di TVRI Sulsel. Ketua Bidang...

Berita

JAKARTA — Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mempertanyakan potensi ekonomi umat yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Namun, potensi itu masih belum bisa memberikan...

MUI PUSAT

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...

Berita

JAKARTA – Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan, KH Zulfa Mustofa, menyatakan sebagai bangsa yang besar, negara Indonesia tidak bisa diurus oleh salah satu ormas saja,...