Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Wapres Ajak Semua Pihak Mempererat Silaturahim

JAKARTA–Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin menyerukan kepada semua pihak untuk memanfaatkan momentum lebaran ini untuk mempererat silaturahim.

Kiai Maruf mengingatkan, jangan sampai kepentingan sesaat bisa merusak persaudaraan sesama umat dan bangsa.

“Jadi persaudaraan sebangsa itu jangan karena persoalan-persoalan sesaat, karena kepentingan kelompok kemudian dikorbankan,” kata Kiai Maruf dalam kegiatan Halalbihalal yang digelar oleh MUI, di Ballrom B.J Habibie Muamalat Tower, Jakarta, Selasa (17/5).

Untuk itu, Kiai Maruf menegaskan bahwa semua pihak tidak boleh merusak ukhuwah (persaudaraan), baik itu ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama Muslim), maupun ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air).

Wapres mengatakan, salah satu tugas perkhidmatan MUI yaitu untuk mempersatukan umat sangat lah berat.

Hal ini, menurut kiai Maruf, sekarang ini zamannya kesamaran terhadap kebenaran dan banyaknya fitnah-fitnah yang muncul.

“Ini kalau kita tidak pagari, zamanul iltibas wal fitan, ini berbahaya sekali,”tegasnya.

Oleh karena itu, kata kiai Maruf, upaya silaturahim sangat diperlukan agar bangsa ini tidak terpecah dan terbelah.

“Boleh saja aspirasi itu di dalam negara demokrasi begitu boleh, asal jangan melampaui batas-batas kesepakatan-kesepakatan yang sudah ada,” jelasnya.

Kiai Maruf berpesan, apabila kesepakatan yang sudah ada tidak dipatuhi, bisa berakibat perpecahan antar umat dan bangsa.

(Sadam Al-Ghifari/Angga)

Total Views: 284 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Sidoarjo – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidoarjo, akan menggelar sosialisasi terkait maraknya  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada binatang ternak khususnya sapi,. Hal tersebut...

MUI PUSAT

Walimatul urs atau resepsi pernikahan merupakan hal yang dianjurkan syariat bagi pasangan suami istri yang telah melakukan akad nikah. Jumhur ulama mengatakan bahwa hukumnya...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Sejumlah pengurus Ikatan Alumni Syam Indonesia atau Al Syami berkunjung ke Kantor MUI Sulsel, Jl Masjid Raya, Bontoala, Makassar, Sabtu (25/6/2022)....

MUI PUSAT

Oleh: KH Abdul Muiz Ali, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa nomor: 4/MUNAS VII/MUI/8/2005 tentang perkawinan beda agama. Penetapan...