Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Pakar: MUI Harus Perkuat Narasi di Pemilu 2024

JAKARTA — Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr Gun Gun Heryanto menyarankan MUI untuk memperkuat narasi di Pemilu 2024.

Gun Gun menjelaskan, narasi yang perlu diperkuat yaitu membangun pemahaman seperti pada Milad ke-47 MUI beberapa waktu lalu, yaitu ukhuwah kebangsaan, merajut kesatuan dan persatuan.

“Ini adalah peran MUI yang perlu diperbanyak, kenapa? Karena biasanya jelang kontestasi elektoral ada polarisasi yang mengeras dan menajam,” ujarnya dalam Halaqoh Mingguan Infokom MUI yang bertajuk: Strategi Komunikasi Politik MUI Menjelang Tahun Politik, Kamis (18/8/2022).

Wakil Ketua Komisi Infokom MUI ini menilai, polarisasi tersebut akan lebih tajam apabila ada trigger atau pemicunya.

Oleh karenanya, kata dia, penguatan narasi dan manajemen komunikasi oleh MUI harus diperkuat yang juga diiringi dengan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Terutama soal himayatul ummah, khadimul ummah, dan shodiqul hukumah,” ungkapnya.

Ketua Pokja Media Watch Komisi Infokom MUI ini menuturkan, jelang perhelatan politik biasanya akan muncul narasi-narasi seperti bagaimana posisi agama dan negara, posisi Islam dengan partai politik, dan hoaks. Narasi tersebut biasanya sangat cepat memapar khalayak luas.

MUI, kata Gun Gun, harus bisa bicara bukan hanya soal eksistensi, melainkan jangka panjang yang merepresentasikan basis nilainya dengan mengeluarkan narasi yang lebih sejuk.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi yang terkontrol agar tidak melahirkan konflik yang non realistis.

Dia mengatakan, dalam politik tidak bisa menghindari yang namanya konflik. Tetapi, sebisa mungkin konflik yang terjadi adalah konflik realistis.

“Konfik yang bisa diselesaikan oleh koridor hukum, musyawarah dan pendekatan organisasi. Bukan selalu dengan kekerasan apalagi memicu penularan perilaku yang tidak bisa dikontrol,” pungkasnya. (Saddam Al Ghifari/Fakhruddin)

Total Views: 545 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...

Berita

JAKARTA — Sekretaris Bidang Perbankan Syariah Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Muhammad Maksum, menyampaikan bahwa Fatwa MUI Nomor 119 tahun 2018 tentang Pembiayaan Ultra...