Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Ketum MUI DKI: Biaya Pasca Bencana Sangat Besar, Perlu Kesadaran Meminimalkan Penyebabnya

JAKARTA— Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar, mengingatkan bahwa biaya pasca bencana sangat besar. Apalagi bila bencana itu sebelumnya tidak pernah termonitor. Biaya akan sangat membengkak baik dari sisi materi maupun korban jiwa.

Kiai Munahar menyampaikan, salah satu cara mengurangi biaya bencana yang sangat besar itu adalah dengan melakukan mitigasi bencana. Cara paling sederhananya adalah, masyarakat bisa memulai dengan meminimalisir sumber atau penyebab bencana seperti tidak merusak lingkungan.

“Kenapa terjadi longsor? Kenapa terjadi pencemaran lingkungan? Ini kan terjadi karena ada sebabnya,” ujarnya saat sambutan pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Jumat (19/08) di Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara.

Kiai Munahar menekankan, pemahaman kepada masyarakat untuk disiplin menjaga lingkungan harus dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan.

“Inilah salah satu tugas utama Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) MUI. Saya berharap lembaga ini tidak hanya sekedar menangani bencana ketika terjadi, akibat dari bencana perlu kita jaga supaya beban besar pasca bencana tidak terjadi,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Wahana Visi Indonesia Synergy Project yang dihadiri tokoh agama dan pemerhati linkungan atau kebencanaan. Beberapa yang hadir antara lain Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo, dan Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji. (Sadam Al-Ghifari/Azhar)

Total Views: 258 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Allah Swt berfirman dalam Alquran Aqimissholata Lidzikri  yg artinya Dirikanlah salat untuk mengingat kepadaku, dengan kata lain bahwa esensi dari seluruh...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...