Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Urgensi Kehumasan untuk Ormas Islam Menurut Guru Besar Ilmu Komunikasi

 JAKARTA—Hubungan masyarakat dalam sebuah organisasi atau institusi merupakan suatu unit kerja yang tugasnya adalah melayani publik, baik internal maupun eksternal. Peran Humas dalam Ormas Islam sangat penting untuk melayani umat dengan komunikasi dan informasi.
 
Demikian disampaikan guru besar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI), Ibnu Ahmad, saat menjadi narasumber di Halaqah Pekanan Infokom MUI, sebagaimana dikutip MUIdigital, Ahad (28/8/2022).
 
‘’Kalau dalam era digital, Humas dibantu kamajuan teknologi seperti adanya website, pintu dan jendalanya yaitu media sosial,’’kata Prof Ibnu yang juga anggota Komisi Infokom MUI ini.
 
Prof Ibnu menjelaskan, dalam lingkup Humas harus bisa melayani publik internal antara lain seperti pimpinan dan staf. Sedangkan eksternal, kata Prof Ibnu, seperti media, komunitas, aktivis dan lain-lain.
 
‘’(Humas) melayani publik dengan aktivitas komunikasi dan informasi adalah isinya,’’ujarnya.
 
Menurutnya, seorang Humas yang berada di Ormas Islam harus pandai dalam berkomunikasi terkait isi dari Ormas Islam tersebut. Kalau tidak mengetahuinya, tegas Prof Ibnu, tidak bisa dikatakan sebagai Humas.
 
‘’Karena Humas adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi untuk menyampaikan konten-konten institusi seperti informasi,’’paparnya. (Sadam Al-Ghifari, ed: Nashih)

Total Views: 413 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Allah Swt berfirman dalam Alquran Aqimissholata Lidzikri  yg artinya Dirikanlah salat untuk mengingat kepadaku, dengan kata lain bahwa esensi dari seluruh...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...