Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Cegah Peyalahgunaan Gadget, Dr. Thobib Al-Asyhar Ajak Tingkatkan Literasi Digital

JAKARTA – Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Pokja Media Cyber Komisi Infokom MUI, Dr. Thobib Al-Asyhar menyebut penyalahgunaan gadget muncul karena disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai literasi digital.

“Peningkatan literasi digital dapat dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Oleh karena itu, penting untuk melatih diri dengan memilah informasi, guna meningkatkan kapasitas pengetahuan kita,” tutur Thobib, Rabu (07/09/2022).

Dalam Halaqah mingguan Infokom MUI yang bertajuk “Literasi Digital dalam Keluarga: Panduan Mencegah Dzurriyatan Dhi’afan,” Thobib menjelaskan tentang tingginya akses internet di Indonesia yang masih belum mampu diimbangi dengan sumber daya manusia yang memumpuni.

Akibatnya, kata Thobib, melahirkan berbagai macam dampak negatif dari penggunaan gadget dan internet yang terus berkembang.

Dosen Psikologi Islam SKSG Universitas Indonesia tersebut menilai, banyaknya aktivitas dimulai dari keluarga, selaras pula dengan ragam permasalahan yang turut serta di dalamnya. Salah satu permasalahan yang muncul tersebut adalah dari penggunaan gadget yang berlebihan.

“Kasus-kasus yang lahir dari peyalahgunaan gadget, sebagaimana yang kita ketahui seperti kecanduan pornografi, game online, perselingkuhan, prostitusi, hingga perceraian,” katanya.

Menurutnya, penurunan tingkat konsentrasi juga bisa disebabkan dari penggunaan gadget yang berlebihan. Oleh sebab itu, membangun literasi digital harus dimulai dari keluarga. Dengan demikian akan mampu mengurangi dampak-dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat.

(Isyatami Aulia/Angga)

Total Views: 3806 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...

Berita

JAKARTA — Sekretaris Bidang Perbankan Syariah Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Muhammad Maksum, menyampaikan bahwa Fatwa MUI Nomor 119 tahun 2018 tentang Pembiayaan Ultra...