Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Gelar Kongres Mujahid Digital, Ketua Infokom MUI Ajak Jangan Salah Artikan Makna Jihad

JAKARTA – Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI) menggelar “Kongres Mujahid Digital” yang diselenggarakan di Jakarta pada 15-17 September 2022.

Ketua Komisi Infokom MUI, Drs. Mabroer M.S menuturkan bahwa penyebutan Mujahid Digital merupakan bagian dari upaya “ar-rujuu’ ilal haq” dari pemaknaan yang kerap salah tentang jihad.

“Jangan sampai istilah jihad disalah artikan dan dipersempit maknanya. Padahal kata jihad sudah akrab di telinga umat Islam, hanya saja hari ini terjadi mispersepsi pemaknaan kata tersebut,” jelas Mabroer dalam sambutannya pada pembukaan “Kongres Mujahid Digital” di Istana Wakil Presiden, Jakarta (16/09/2022).

Mabroer menyebut kesalahan persepsi mengenai jihad, berusaha dikembalikan lagi pemaknaannya oleh Majelis Ulama Indonesia(MUI) melalui Komisi Infokom, agar penggunaannya benar.

Di samping itu, rangkaian kegiatan “Kongres Mujadi Digital” sebagaimana yang disampaikan oleh Mabroer, diawali dengan lomba di bulan Juli dan Kick off Kongres dan halaqah Youtuber dan Influencer Muslim pada 31 Agustus 2022 di Jakarta.

Melalui serangkaian acara tersebut, harapannya adalah agar MUI dapat menjadi rumah yang nyaman bagi para Youtuber dan Influencer yang selama ini disinyalir sebagai salah satu sumber informasi di sosial media.

“Kongres kali ini diikuti oleh Komisi Infokom dan non-Komisi Infokom MUI. Kemudian disusul dengan rapat konsolidasi nasional yang diikuti seluruh pengurus Komisi Infokom Provinsi dan Kabupaten Kota se-Jabodetabek plus Cianjur, Cikarang, dan Karawang,” pungkasnya. (Isyatami Aulia/Angga)

Total Views: 1415 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...

Berita

JAKARTA — Sekretaris Bidang Perbankan Syariah Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Muhammad Maksum, menyampaikan bahwa Fatwa MUI Nomor 119 tahun 2018 tentang Pembiayaan Ultra...