Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Kongres Mujahid Digital MUI Resmi Dibuka Wapres KH. Ma’ruf Amin

Jakarta, muisulsel.com – Majelis Ulama Indonesia pusat saat ini sedang melaksanakan Kongres Mujahid Digital dimana para pesertanya berasal dari seluruh MUI Provinsi se-Indonesia termasuk perwakilan dari MUI Sulsel.

Kongres Mujahid Digital ini resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin di istana Wapres di Jakarta, Jumat, (16/09/2022).

Dalam sambutannya Wapres meminta agar para mujahid digital memerangi hoax dan ujaran-ujaran kebencian.

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin saat memberikan Sambutan pada Pembukaan Kongres Mujahid Digital MUI

“Berita bohong sangat berbahaya, berita bohong bisa mengalahkan berita benar jika diproduksi secara masif dan terus-menerus sehingga hoax dan ujaran kebencian harus diperangi,” ungkapnya.

Dalam sebuah wawancara terpisah, pakar komunikasi politik Dr. Gungun Henyanto menanggapi perihal Kongres Mujahid Digital ini. Ia mengatakan bahwa ada tiga agenda penting dalam konteks penggunaan media sosial.

Pertama, adanya manajemen komunikasi sosial yang baik supaya direncanakan agar ada asas kebermanfaatan yang meluas. Kedua, narasi yang harus dikelola dengan baik karena narasi itu bisa dibuat oleh siapa saja.

Adapun yang terakhir, ketiga, pendekatan-pendekatan yang baru dalam media sosial seperti bukan hanya diseminasi tapi juga publisitas dan propaganda yang dikendalikan dari hulu hingga ke hilir.

Foto bersama usai pembukaan Kongres Mujahid Digital MUI

Pada sesi akhir dari wawancara tersebut, Gungun Henyanto menaruh harapan yang besar pada para Mujahid digital. “Ini adalah ikhtiar yang sangat penting sehingga para mujahid digital dapat membentuk basis komunitas dan banyak potensi-potensi untuk bersinergi dan membuat narasi-narasi yang positif seperti Islam Wasathiyah dalam tema kongres ini sehingga mendapat pengakuan masyarakat,” pangkasnya.

Di era digital dewasa saat ini sangatlah penting bagi masyarakat agar perlu belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan baik di media sosial agar supaya medsos ini tidak disalahgunakan. (NAP)

The post Kongres Mujahid Digital MUI Resmi Dibuka Wapres KH. Ma’ruf Amin appeared first on MUI SULSEL.

Total Views: 2008 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...

Berita

JAKARTA — Sekretaris Bidang Perbankan Syariah Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Muhammad Maksum, menyampaikan bahwa Fatwa MUI Nomor 119 tahun 2018 tentang Pembiayaan Ultra...