Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

PP MUKISI: Animo Masyarakat Terkait Rumah Sakit Syariah Cukup Menggembirakan

JAKARTA — Perkembangan rumah sakit syariah di Indonesia mendapatkan sambutan baik dari masyarakat luas.

Hal ini disampaikan oleh Pengurus Pusat Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (PP MUKISI) yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Sari Asih, Serang, Dr. Yahmin Setiawan, MARS., dalam Workshop Pra Ijtima’ Sanawi (Annual Meeting), Dewan Pengawas Syariah, Rumah Sakit Syariah, Penerbit Uang Elektronik, dan Penjualan Langsung Berjenjang Syariah” di Hotel Balairung, Jakarta, Rabu (26/09/2022).

“Animo masyarakat terkait rumah sakit syariah di Indonesia cukup menggembirakan. Tak hanya masyarakat, kami selaku komunitas Rumah Sakit turut senang dengan dengan adanya sertifikasi rumah sakit syariah ini,” tutur Yahmin.

Terkait sertifikasi rumah sakit syariah, Yahmin menyebut bahwa pihak MUKISI mengacu pada fatwa nomor 107 tahun 2016 yang ditetapkan oleh DSN-MUI tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit berdasarkan Prinsip Syariah.

Menurut Yahmin, pertumbuhan rumah sakit yang telah tersertifikasi syariah hingga tahun 2022 telah mencapai 72 rumah sakit syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

“Kami berharap mudah-mudahan semakin banyak rumah sakit syariah kedepannya. Karena berdasarkan data kami, rumah sakit syariah baru mencapai 5% dari keseluruhan rumah sakit yang ada di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Yahmin juga menjelaskan terdapat 201 elemen penilaian yang digunakan oleh MUKISI sebagai proses sertifikasi Rumah Sakit Syariah.

Penilaian tersebut turut menyasar kepada keramahan dan komunikasi pelayanan rumah sakit terhadap pasien. Hal ini dilakukan agar masyarakat merasakan langsung pelayanan yang optimal, terutama kaitannya dengan ibadah muamalah ketika beriktiar melakukan pengobatan di rumah sakit.

(Isyatami Aulia/Fakhruddin)

Total Views: 114 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA— Otoritas Jasa Keungan (OJK) menyebut bahwa transaksi di perbankan syariah lebih menyejahterakan masyarakat disbanding di pinjaman online (Pinjol). Hal ini disampaikan Direktur Pengaturan...

MUI PUSAT

Pringsewu: Bertempat di Aula Bupati, Kafilah Kabupaten Pringsewu pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji resmi dilepas pada Jumat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Tak terbantahkan bahwa iman ditajamkan dengan ketajaman dua sisi. Sisi pertama adalah berupaya beramal sholeh dan sisi kedua menghindarkan diri dari...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Agenda Rakornas Majelis Ulama Indonesia (MUI) tinggal beberapa hari lagi. Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh panitia pelaksana rakornas, baik dari pusat...