Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

HIKMAH HALAQAH: Kisah Sahabat yang Sekeluarga Dijamin Masuk Surga oleh Nabi

Makassar, muisulsel.com – Surga adalah suatu tempat di mana Allah memberikan balasan kepada umatnya yang beriman, dan semua manusia terkhusus umat Islam pasti sangat ingin masuk dalam surganya Allah Swt.

Tersebutlah dalam sebuah kisah para sahabat di zaman Nabi yang sangat terkenal di masanya disebabkan karena mereka dijamin masuk surga oleh kekasih Allah yakni Rasulullah Muhammad Saw, sahabat ini dikenal dengan sebutan Ahlu Yasir.

Mengapa mereka disebut sebagai ahlu Yasir, karena mereka semua sekeluarga mulai dari bapak ibu serta anaknya sehingga dikatakan keluarga Yasir, meskipun Yasir ini adalah bukanlah penduduk asli Makkah melainkan ia adalah seorang pendatang dari Yaman lalu menetap di Kota Makkah.

Pada masa awal KeNabian Rasulullah pada masa itu adalah awal-awal penyebaran agama Islam di Kota Makkah yang dibawa oleh Nabi. Keluarga Yasir ini adalah termasuk orang-orang yang cepat memeluk Islam, sebab anaknya yang bernama Amar bin Yasir atau lebih dikenal Ibnu Yasir ini yang karena kegelisahan dan kegundahan dalam hatinya. Ketika mendengar tentang sebuah ajaran baru, namun sangat menyentuh qalbu. Timbullah rasa penasaran Ibnu Yasir untuk langsung menemui Nabi dan menanyakan perihal agama barunya. Ia langsung menyatakan keislamannya di hadapan Nabi saat itu.

Setelah ia kembali ke keluarganya, ia mengajak kedua orang tuanya untuk memeluk agama Islam yang mana mereka pun dengan seketika langsung mengikutinya. Tentu saja keislaman mereka bukan tanpa tantangan yang sangat besar yang mereka hadapi oleh para suku Qurays saat itu.

Salah satu orang yang sangat marah terhadap keluarga Yasir saat mereka memeluk Islam adalah bekas majikannya yang pernah menolongnya. Bahkan karena akhlak si Yasir, ia dinikahkan oleh majikannya itu kemudian mereka dimerdekakan dari status hamba sahaya.

Lantas apakah yang membuat keluarga Yasir ini dijamin masuk surga sekeluarga oleh Nabi?. Apakah karena amalannya ataukah ada hal lain? Lalu siapakah bekas majikan keluarga Yasir yang sangat marah terhadapnya karena memeluk Islam padahal dulunya majikan ini sangat baik kepada mereka?.

Simak tayangannya dalam media MUI SULSEL atau klik video di bawah ini.

The post HIKMAH HALAQAH: Kisah Sahabat yang Sekeluarga Dijamin Masuk Surga oleh Nabi appeared first on MUI Sul Sel.

Total Views: 1862 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...