Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

BPET MUI Sampaikan Peran Utama Tokoh Agama Tanggulangi Ekstremisme-Terorisme

JAKARTA—Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia menggelar kegiatan Ngaji Kebangsaan bertemakan “Optimalisasi Islam Wasathiyah dalam Mencegah Ekstremisme dan Terorisme”, Kamis (17/11/2022).

Sebagai pemateri, Wakil Sekretaris BPET MUI, M Najih Arromdloni, menyampaikan peran utama tokoh agama dalam menanggulangi tindakan ekstremisme dan terorisme.

Menurut dia, motif utama tindakan ekstremisme yang sejauh ini diidentifikasi secara besar adalah dengan membawa narasi keagamaan.

“Jadi kita dapat menyimpulkan yang paling penting berperan adalah tokoh agama dalam menanggulangi ekstremisme,” ungkap dia.

Dia mengatakan, tidak ada para teroris yang tidak membawa narasi keagamaan, dalil berupa ayat Alquran, maupun hadits Nabi. Meski diketahui tidak didapati dalil satu pun yang mengajarkan soal terorisme dalam Islam.

Persoalan muncul ketika ada tafsir terhadap Alquran dan pemahaman terhadap hadits. Inilah yang sering memunculkan adanya politisasi dalil sesuai dengan kehendak pribadi, termasuk aksi ekstremis.

“Jadi kalau ayatnya tidak masalah, tafsir yang bermasalah,” kata M Najih dalam paparannya.

M Najih pun mengatakan, pola pikir para teroris dan ekstremis adalah menganggap wajib hukumnya menggunakan hukum Allah. Hal itu didasarkan pada ungkapan dalam Alquran “wa man lam yahkum bimaa anzalallahu, fa ulaaika humul al-ghafiluun”.

Selanjutnya, adalah kafir-mengkafirkan (takfiri) sehingga menuntut penegakan negara Islam. Mendirikan agama Islam tidak mungkin tanpa kekerasan yang mereka sebut dengan jihad dan agenda doktrin.

“Karena basis ektremisme adalah narasi keagamaan, ada beberapa hal yang harus diluruskan kepada masyarakat sebagai tokoh ulama,” bebernya.

(A Fahrur Rozi/Fakhruddin)

Total Views: 782 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...