Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Seminar Perjalanan Sejarah Program Transmigrasi Lampung di Museum Ketransmigrasian

Pesawaran: Dalam rangka Hari Bhakti Transmigrasi, UPTD Museum Ketramsmigrasian dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung melaksanakan rangkaian kegiatan diantaranya Seminar Sejarah Perjalanan Transmigrasi di Lampung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mahasiswa dan Perwakilan Dosen dari berbagai Perguruan Tinggi seluruh Lampung, perwakilan DPD dan DPC Perhimpunan Anak Transmigrasi Republik Indonesia (PATRI) Lampung dan Umum. (14/12/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Dr. Wahyu Iryana, S.Hum., M.Ag, Ketua DPC PATRI Kabupaten Pesawaran, Muhamad Bisri Mustofa, M.Kom.I. juga Dosen Komunikasi UIN Raden Intan Lampung.

Sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulapakar, MM Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Heni Astuti sekaligus membuka acara dengan pemukulan gong secara simbolis didampingi oleh Ketua UPTD Museum Ketransmigrasian Provinsi Lampung, Hana Kurniati, SE. dan seluruh peserta seminar.

Narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua PATRI Periode 2015-2020 Prof. Dr. Ir. Sugeng Haryanto, MM, Aan Budianto, MA Dosen Sejarah UIN Raden Intan Lampung, dan Dr. Purwanto Putra, M.Hum. Dosen Universitas Lampung.

Dalam penyampaian oleh Rektor Unila periode 2007-2015, Prof. Sugeng menyampaikan bahwa Transmigrasi di Lampung mulai pada tahun 1917 Jawa ke Lampung ke daerah Bagelen. Transmigrasi terjadi tidak hanya dari Jawa tetapi masyarakat Lampung ke Banten di desa Cikoneng.

Kegiatan diskusi memicu antusiasme dan daya kritis peserta yg hadir tentang Sejarah Program Transmigrasi di Lampung selaras dengan hal tersebut kegiatan ini mendukung tujuan pemerintah daerah untuk memajukan minta kunjung ke Museum Ketransmigrasian Provinsi Lampung. (Bisri/Rita Zaharah)





Total Views: 1015 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...