Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Hari Kedua Rihlah Ilmiah PKU MUI Kota Bekasi Kunjungi 2 Pesantren di Sukabumi

HARI kedua Rihlah ilmiah Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi ke Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023), para Kiayi, dosen PKU, dan staf panitia mengunjungi pondok pesantren tempat para mahasiswa melakukan tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Adapun pondok pesantren yang dikunjungi yaitu Pondok Pesantren Assalafiyah 2 dan Pondok Pesantren Sunanulhuda.

Kunjungan pertama yaitu Pondok Pesantren Sunanulhuda yang beralamat di Kampung Cikaroya, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Di sana para rombongan disambut baik oleh staf jajaran pondok pesantren Sunanulhuda. Namun, disayangkan karena pimpinan Pondok sedang ada tidak ada di tempat. Sehingga yang menyambut para rombongan adalah sanak keluarga dari pimpinan pesantren Sunanulhuda.

Bu Nyai Hj Reni Ratna Yuningsih selaku Sekretaris Yayasan Sunanulhuda menyampaikan rasa syukur karena bagi pondok pesantren tersebut suatu penghormatan bisa dikunjungi calon-calon ulama besar. Reni juga menyampaikan bahwa kunjungan ini menjadi suatu kegiatan yang sangat positif bagi pondok pesantren khususnya para santri karena dapat menjadi inspirasi untuk para santri. Ia juga berharap bahwa ini bukanlah kunjungan yang terakhir.

“Tentu harapan besar kita semua mereka ini akan menjadi para ulama-ulama hebat yang bisa membina umat dan tentu yang sekarang saya kira yang kita butuhkan adalah pemahaman masyarakat tentang cara beragama yang moderat saya kira sikap agama moderat ini harapan kami bisa disebarkan lewat para calon ulama-ulama ini,” harap Reni.

Disambut baik oleh tuan rumah, rombongan juga di ajak untuk makan di kediaman pimpinan pondok. Setelah makan dan berpamitan, rombongan segera meluncur ke pondok pesantren kedua yaitu Pondok Pesantren Assalafiyah 2.

Rombongan disambut pimpinan pondok yaitu KH Fahmi Syihab. Ia mengatakan bahwa dengan adanya PKU ini menjadi bekal daripada kader ulama di mana para santri membekali diri supaya lebih baik. Untuk kedepannya dapat jadikan contoh dari pesantren-pesantren yang sudah dapat menciptakan kader-kader ulama.

“Harapannya untuk para mahasiswa PKU ini dapat menjadikan bekal tentang pendidikan ke pesantren yang lebih baik sehingga dapat menjadikan contoh untuk para mahasiswa di hari kedepannya, dan dapat mengambil contoh dari pesantren-pesantren yang telah lama berdiri. Sehingga Pesantren dapat menurunkan apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu-pendahulu kita,” harap Fahmi. (Amanda)

Total Views: 6940 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

BERTEPATAN Jum’at, 28 Juni 2024, Maulana Syekh ‘Ala Muhammad Musthofa Nai’mah yang akrab dengan sapaan Maulana Syekh ‘Ala datang ke Indonesia dan langsung menuju...

Berita

PJ Walikota Bekasi Raden Gani Muhamad mengeluarkan surat edaran kepada Kepala Perangkat Daerah se-Kota Bekasi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Ketua Organisasi Kemasyarakatan Islam...

Berita

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menggelar Seminar Mudzakaroh Ukhuwah Islamiyah. Acara ini dibersamai juga dengan Pembukaan Gebyar Muharram 1446 H di Ballroom Hotel...

Berita

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menegaskan bahwa deklarasi yang dilakukan sejumlah ulama, Minggu (20/5/2024) untuk memberikan dukungan terhadap salah satu kandidat Pilkada Kota...