Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

LPB MUI Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor Sumedang

JAKARTA — Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB-MUI) melakukan penyaluran bantuan logistik ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat untuk meringankan beban korban tanah longsor. Tim penyaluran bantuan diberangkatkan dari kantor MUI pusat menuju Sumedang pada pukul 08.30 WIB menggunakan kendaraan darat MUI.

Ketua tim penyaluran, Rida HR Salamah memaparkan bahwa tim dari LPB MUI hari ini melakukan penyaluran ke Sumedang dengan membawa bantuan alat personal hygine yang merupakan kebutuhan mendesak bagi para penyintas longsor dan banjir. Bantuan meliputi masker, hand sanitizer, face shield, dan juga wastafel portable.

“Sebelum berangkat, kita melakukan assessment untuk mengetahui kebutuhan lapangan terutama kebutuhan yang mendesak, dan kebutuhan mereka saat ini adalah alat perlindungan diri dan sanitasi, mengingat ini juga masih masa pandemi,” ungkap dia saat dihubungi melalui telepon selular, Senin (25/01) pagi.

Ia menuturkan bahwa dalam proses penyaluran ini, selain bersama MUI Sumedang dan Jabar, tim LPB MUI juga bersinergi dengan ormas dan lembaga kebencanaan di Sumedang. Tak hanya itu, LPB MUI juga diterima oleh bupati Sumedang untuk melaksanakan diskusi terkait pemenuhan hal-hal yang menjadi prioritas bagi penyintas longsor dan banjir Sumedang yang terjadi 9 Januari lalu.

Diketahui, 131 kepala keluarga (KK) korban yang rumahnya berlokasi di wilayah merah longsor direlokasi dan akan mendapat hunian tetap baru yang lebih aman dan jauh dari area rawan longsor. Selama pembangunan hunian tetap berlangsung, LPB MUI berkolaborasi dengan beberapa pihak akan mengusahakan pemenuhan kebutuhan para korban.

“Kita bersama akan merumuskan langkah-langkah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat penyintas. Sambil menunggu pembangunan hunian tetap selesai, kita akan mengkoordinir kebutuhan masyarakat, jadi tidak hit & run,” jelas dia.

Selain Rida, terdapat pula pimpinan LPB MUI, KH. Ahmad Jakfar Habsa bersama KH Marsudi Syuhud, dan 1 orang anggota lembaga, Nasrul Umam yang ikut berangkat menuju lokasi bencana alam tersebut. (Nurul/Din)

Total Views: 541 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...