Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Istighasah dan Muhasabah MUI Dihadiri Ratusan Peserta Daring

JAKARTA— Sekitar 700 peserta daring menghadiri acara Istighasah dan Muhasabah untuk Negeri. Para peserta mengikuti acara secara daring tersebar dari dua sumber, dari Zoom dan Youtube.

Peserta dari Zoom terdiri sekitar 200 orang. Sementara sisanya berasal dari channel Youtube Official TVMUI, 164 Channel-Nahdlatul Ulama, NU Channel, Masjid Istiqlal TV, serta Wakaf Adventure.

Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar, menyampaikan kehadiran peserta secara virtual ini mengingatkannya akan tujuan kegiatan ini. Tujuannya, ujar beliau, yaitu untuk mengimbangi respon bencana dengan hal-hal yang ghaib, setelah selama ini melalui yang fisik/nyata. Menurutnya, istighasah virtual ini mirip dengan doa gaib.

“Muhasabah dan istighasah pada malam hari lebih banyak kita ikuti secara virtual, hal-hal yang gaib atau min malakutis samaawati wal ard,” katanya Kamis (28/01) malam saat memberikan sambutan secara virtual.

Salah satu peserta istighasah dan muhasabah dari Bandung, Umar Wirahadi, menyampaikan harapannya. Dia berharap, melalui doa bersama dan muhasabah ini, akan membantu indonesia pulih dari pandemi maupun bencana yang terjadi belakangan.

“Saya sangat senang sekali dapat mengikuti acara ini. Saya harap, dengan doa bersama dan muhasabah ini, Indonesia bisa segera keluar dari berbagai musibah seperti pandemi Covid-19 maupun bencana alam yang terjadi belakangan ini,” ujarnya Kamis (28/01) saat dihubungi MUI.or.id.

Dia mengatakan, sudah lama dia menunggu acara sejenis ini untuk merespons bencana. Dia menilai, tausiah yang disampaikan Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar menjadi bahan muhasabah penting bagi dirinya.

“Hati saya kembali tertegun saat mendengar sambutan Kiai Miftach, menjadi semakin mengingat Allah SWT. Semoga ini menjadi upaya saya meningkatkan terus ibadah,” katanya. (Azhar/Nashih)

Total Views: 412 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...