Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Respons Seruan PBB, MUI Ajak Umat Galang Bantuan untuk Yaman

JAKARTA — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan penggalangan dana untuk membantu penduduk Yaman yang kelaparan karena peperangan. Merespon ini, Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia menggalang bantuan untuk krisis kemanusiaan dan kelaparan di Yaman.

“MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia umumnya, dan ormas Islam dan lembaga kemanusiaan di Indonesia khususnya untuk menggalang dana guna membantu saudara kita di Yaman yang sedang mengalami kelaparan akibat peperangan tersebut,” ujar Ketua MUI Bidang HLNKI Sudarnoto Abdul Hakim saat menyampaikan sikap tersebut, Senin (08/03) di Jakarta.

“MUI menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya bencana kelaparan di Yaman, akibat peperangan yang masih berlanjut di negeri tersebut,” imbuhnya.

Dia mengatakan, dalam sikap tersebut, MUI menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PBB. MUI menilai PBB berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman sejak perang terjadi pada tahun 2015.

Sementara itu, Wasekjen MUI Bidang HLNKI Habib Ali Hasan Bahar menyampaikan, MUI mendesak semua pihak yang terlibat dalam peperangan di Yaman untuk segera melakukan gencatan senjata.

“Serta melakukan perundingan untuk menyelesaikan pertikaian mereka secara damai sesuai dengan spirit Islam yang berarti kedamaian,” ujarnya.

“MUI mengimbau Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) maupun PBB untuk membantu penyelesaian konflik secara damai, dan membantu mengatasi kelaparan di negeri itu,” imbuhnya menyampaikan sikap MUI Bidang HLNKI tersebut. (Azhar/Din)

Total Views: 506 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...