Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

Tengku Zulkarnain, Adikku dan Harapanku

Oleh Buya Anwar Abbas*

Tengku Zulkarnain adikku. Kini engkau telah pergi tanpa memberi tahu dan itu jelas-jelas sangat mengejutkan serta meninggalkan duka yang dalam di hatiku.

Aku masih ingat bagaimana engkau masuk ke ruanganku kemudian kita mengobrol tentang berbagai persoalan menyangkut umat dan agama serta bangsa ini, masih terbayang olehku bagaimana sopan dan santunnya engkau kepadaku.

Tapi semua itu kini hanya akan menjadi kenangan dan cerita yang telah berlalu karena engkau sudah pergi dan sudah menuntaskan tugasmu ke dunia yang diembankan Allah SWT kepadamu.
Pak Tengku, begitu aku suka dan biasa memanggilmu.

Aku juga masih ingat tentang sikap dan pandangan-pandanganmu dalam masalah-masalah tertentu. Terkadang untuk tidak menyakitkan dan menyinggung perasaan orang lain engkau hiasi penyampaian sikap dan pandanganmu itu dengan canda-candamu yang bermutu. Sehingga aku sangat sering engkau buat menjadi tersipu-sipu.

Karena di samping kata-katamu banyak menyentuh dan mengaduk-aduk otak dan hatiku. Engkau juga telah mengimbanginya dengan membuat aku tertawa yang benar-benar mengocok perutku.

Pak Tengku, engkau adalah adik dan sekaligus sahabatku. Aku tidak hanya akan mendengar dan mengingat kata-katamu karena engkau aku lihat adalah juga orang yang sangat suka membantu.

Saya lihat engkau sangat suka meringankan hidup orang lain tidak hanya dengan ilmumu tapi juga dengan tangan dan hartamu. Hal ini tentu saja sangat patut untuk ditiru tidak hanya oleh anak-anak dan handai tolanmu tapi juga oleh semua orang yang percaya bahwa mereka juga akan pergi untuk menghadap Tuhanku dan Tuhanmu.

Pak Tengku, selamat jalan , semoga kita bisa kembali nanti bertemu. Mudah-mudahan kita sama-sama dimasukkan oleh Allah SWT ke dalam surga yang telah menjadi idamanku dan idamanmu serta para sahabat dan jamaahmu. Aamiin.

*Wakil Ketua Umum MUI

Ciputat, 11 mei 2021, pukul 08.45 pagi WIB

Total Views: 649 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...