Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Milad Ke-46 MUI, Menag Minta Ulama untuk Berperan Aktif dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19

JAKARTA — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan dan harapannya pada para ulama dalam rangka milad MUI ke-46. Menag berterima kasih pada segenap ulama dan umaro atas jasa-jasanya dalam mengayomi umat, tak terkecuali dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19.

“Saya berterima kasih pada sinergi ulama dan umaro dalam ikhtiar penanggulangan pandemi bersama selama satu tahun setengah ini,” kata Menag dalam acara webinar Milad MUI ke-46 yang disiarkan melalui kanal YouTube, Senin (26/7).

Sebab, menurut Menag, ulama telah berkontribusi besar sebagai rujukan dan teladan umat untuk menegakkan protokol kesehatan selama pandemi. Penanggulangan pandemi bukan hanya tugas pemerintah semata tetapi seluruh warga bangsa, dan termasuk para ulama. Saat-saat seperti ini, ulama memiliki peran yang esensial sebagai sumber teladan dalam prokes dan disiplin 5M untuk terhindar dari Virus Covid-19.

Dia menegaskan kembali, kerja sama ulama dalam penanganan pandemi sangat penting. Dia meyakini masyarakat akan mengerti dan mendengar apa yang dikatakan para ulama.

“Saya ingin menegaskan kembali pentingnya peran ulama dan umaro dalam membimbing masyarakat, dalam hal ini kita sama-sama mengedukasi umat agar mereka mau ikhtiar lahir dan bathin dalam menegakkan prokes,” tuturnya.

“Selain ikhtiar fisik, ikhtiar batin pun juga harus dilakukan dengan terus memanjatkan doa agar terhindar dari virus ini,” lanjutnya.

Menag juga berjanji akan berupaya dalam optimalisasi fungsi rumah ibadah selama pandemi. Karena itu, ia mengajak pada semua elemen masyarakat untuk melakukan vaksinasi demi tercapainya herd immunity.

“Berbagai program pembatasan semata dilakukan untuk perlindungan jiwa. Program vaksinasi, dan penyediaan obat terus digencarkan sehingga Indonesia bisa mencapai herd immunity,” ungkapnya.

Herd immunity dapat cepat tercapai apabila vaksinasi telah dilakukan secara menyeluruh. Dalam konteks ini, Menag juga mengajak ulama untuk memberi edukasi pada masyarakat karena ia yakin suara ulama sangat didengar oleh masyarakat.

“Demikian yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini, mari saling bersinergi agar pandemi ini cepat berakhir, sekali lagi selamat milad ke-46 Majelis Ulama Indonesia,” tutupnya dalam mengakhiri sesi sambutan di acara milad MUI. (Hurryyati Aliyah/Din)

Total Views: 660 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...