Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Mahasiswa PKU Kota Bekasi Harus Bikin Karya Tulis Ilmiah Usai dari Cirebon

 

RANGKAIAN proses pembelajaran mahasiswa program Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Kota Bekasi sampai pada tahap akhir. Setelah pertengahan Agustus 2021 menyelesaikan UAS, di penghujung bulan yg sama wajib menyelesaikan tugas akhir berupa penyusunan karya tulis ilmiah. Model dan metode penyusunan karya tulis ilmiah dalam hal ini berbeda dengan karya ilmiah pada umumnya.

Dalam hal ini Tim PKU dan dosen pembimbing mendesain model dalam bentuk Rihlah Ilmiah ke beberapa pondok pesantren yang ada di Cirebon dan sekitarnya, yaitu di Ponpes Khas Kempek, Ponpes Dar El Tauhid Arjawinangun, Ponpes Babakan Ciwaringin, dan Ponpes Buntet.

Kegiatan ini dilakukan sejak  27 hingga 29 Agustus 2021 yang diikuti 40 mahasiswa. Mahasiswa dibagi dalam empat kelompok, dan setiap kelompok mempunyai tugas ke pondok pesantren yang berbeda.

Hasil akhir dari penugasan ini adalah bahwa setiap 3 (tiga) mahasiswa diwajibkan menulis jurnal dengan tema tertentu yang sudah diarahkan oleh dosen pembimbing. Setiap kelompok didampingi oleh seorang dosen pembimbing, diantaranya yaitu Dr Nuruddin Ali Muhtarom, Dr Aris Adi Leksono, Dr Andy Hadiyanto, Dr Heri Kuswara, dan KH Fahmi Kamil LC MA.

Selama berada di pondok pesantren yang dituju, setiap mahasiwa diminta mengobservasi, berinteraksi dan aktif partisipasi mengikuti kegiatan yang ada di ponpes tersebut. Dengan demikian setiap mahasiswa akan mendapatkan kesan positif yang mampu menuliskan keunggulan, keunikan dan karakteristik model dan praktik dakwah di pondok pesantren tersebut sebagai  implementasi dari Islam Wasathiyah Rahmatan Lil ‘alamin.

Kegiatan Rihlah ilmiah ini akan diakhiri dengan kegiatan Studium General dengan  tema “Islam Wasathiyah” oleh Dr KH Muhammad Mustofa Aqiell. Malam ini seusai bakda Isya di pondok pesantren Khas Kempek. (Zas/luk)

Total Views: 487 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

JAKARTA— Otoritas Jasa Keungan (OJK) menyebut bahwa transaksi di perbankan syariah lebih menyejahterakan masyarakat disbanding di pinjaman online (Pinjol). Hal ini disampaikan Direktur Pengaturan...

MUI PUSAT

Pringsewu: Bertempat di Aula Bupati, Kafilah Kabupaten Pringsewu pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji resmi dilepas pada Jumat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Tak terbantahkan bahwa iman ditajamkan dengan ketajaman dua sisi. Sisi pertama adalah berupaya beramal sholeh dan sisi kedua menghindarkan diri dari...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Agenda Rakornas Majelis Ulama Indonesia (MUI) tinggal beberapa hari lagi. Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh panitia pelaksana rakornas, baik dari pusat...