Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

MUI Ajak Umat Islam Semarakkan Pekan Solidaritas Palestina

JAKARTA— Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan maklumat untuk menyelenggarakan Pekan Solidaritas Palestina kepada Dewan Pimpinan MUI daerah dan ormas Islam se-Indonesia.
Hal ini merujuk pada resolusi PBB No.32/40B yang diperingati setiap 29 November.

Maklumat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, dan Ketua Bidang Luar Negeri MUI, Prof Sudarnoto Abdul Hakim ini akan berlangsung pada 23-29 November 2021.

Ketua Komisi Luar Negeri MUI, Bunyan Saptomo, menjelaskan resolusi tersebut memuat dua hal. Pertama, menugaskan Sekjen PBB membentuk unit khusus yang melakukan studi dan penyebaran informasi mengenai hak-hak Palestina, serta menyelanggarakan solidaritas untuk Palestina setiap 29 November.

‘’Kedua, menyerukan kepada semua negara dan organisasi di seluruh dunia untuk melaksanakan acara yang diamanatkan resolusi ini,’’ kata dia saat dihubungi MUIDigital, selasa (23/11).

Untuk rangkaian kegiatanya, Bunyan Saptomo menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diisi diskusi, talkshow, ceramah, yang diadakan di masjid, universitas, TV, radio dan lainya. Hal ini demi memberi dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaanya.

‘’Selain itu, (akan ada) wawancara oleh media MUI dengan Ketum MUI dan sejumlah tokoh ormas Islam serta pimpinan lembaga amal terkait dengan hari solidaritas untuk rakyat Palestina dan fundraising RSIH,’’ jelasnya.

Bunyan menuturkan, kegiatan ini demi mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaanya dan memberi sumbangan bagi pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSHI) yang merupakan proyek kerja sama MUI dengan pemerintah kota Hebron, Palestina.

‘’MUI Pusat akan mengawali kegiatan dengan acara diskusi tentang dunia Islam termasuk Palestina secara hybrid 25 November 2021,’’ terangnya.
Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pada kegiatan puncak 29 November 2021, akan dilakukan penandatanganan secara virtual MOU Kerja Sama Pembangunan RSIH antara MUI dengan Wali Kota Hebron.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan Pekan Solidaritas Palestina ini di bawah kepanitian Pembangunan RSIH yang dipimpin langsung Ketua MUI Bidang Luar Negeri, Prof Sudarnoto Hakim.
Sebelumnya, MUI dan Wali Kota Hebron telah sepakat untuk kerja sama membangun RSIH dengan biaya Rp 87 miliar.

Dalam maklumat tersebut disampaikan, hingga saat ini dana terkumpul sebesar Rp 24.754.103.225.

Untuk itu, masih diperlukan upaya untuk pembangunan RSIH yang bisa dikumpulkan melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomer rekening: 8425314000 a/n Majelis Ulama Indonesia.

Serta bisa mengonfirmasi pengeriman dana kepada Amirah Nahrawi LC (0817-9913-136), dan Juliana Al-Hasanah (0811-1061-668). (Saddam/ Al-Ghifari)

Total Views: 698 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...