Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

MUI Cimahi Belajar Kiat Sukses Urus Program Kaderisasi Ulama ke MUI Bogor

CIBINONG— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi mengunjungi Kantor MUI Bogor untuk studi banding terkait program Pendidikan Kader Ulama (PKU). Di antara MUI level Kabupaten/Kota, MUI Bogor termasuk yang paling rutin dan sukes menjalankan PKU.
Ketua Umum MUI Kota Cimahi, KH Alan Nur Ridwan, menyampaikan kedatangannya ke MUI Bogor untuk mengetahui masalah aliran sesat, kemandirian ekonomi, serta yang paling utama adalah program unggulan MUI Bogor seperti PKU.

“Kami ingin studi banding atau sogorgan ke MUI Kabupaten Bogor tentang pelaksanaan Pendidikan Kader Ulama, pembinaan mualaf, penanganan aliran sesat, serta bagaimana menggerakkan ekonomi syariah. Sehingga MUI bisa mandiri serta menjadi teladan yang baik,” ujarnya, Rabu (01/12).

Ketua Umum MUI Bogor, KH Ahmad Mukri Aji, menyampaikan bahwa kesuksesan MUI Bogor menjalankan PKU dan program lainnya tidak lepas dari slogan “Utamakan Kualitas”. Slogan ini yang mendorong MUI Bogor sibuk dengan kajian-kajian sehingga menghasilkan produk berkualitas.

“MUI Perlu menunjukkan kualitas, baik kualitas diri maupun program. MUI Bogor butuh perjuanangan dan keberanian yang matang dalam menangani keberadaan aliran sesat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Bogor, Irfan Awaludin, secara spesifik memaparkan program unggulan terkait PKU.

PKU, kata dia, ibarat kaidah terkenal terkenal dalam ushul fiqih yaitu dar’ul mafaasid muqoddamu ala jalbil mashaalih. Kaidah tersebut berarti mencegah kerusakan itu lebih diutamakan dibanding adanya maslahat.

Pada satu sisi, program kerja MUI Bogor bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan. Sementara program PKU merupakan wujud nyata dari adanya maslahat yang nyata pada umat.

“Kami juga alumni PKU. PKU terdiri dari orang-orang muda yang siap mengawal program dan dicetak pelayan umat yaitu para Kiai. Lulusan PKU MUI Kabupaten Bogor siap diterjunkan kapanpun dan dimanapun,” ujar Gus Irfan.

Kedatangan rombongan MUI Cibinong tersebut disambut oleh Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor KH ahmad Mukri Aji, Sekretaris MUI Bogor Gus Irfan Awaludin, Bendahara Umum H Tohirudin, Wakil Ketua Umum KH Aim Zaimudin, Ketua MUI Agus Mulyana dan Sekretaris MUI Ahmad Zulfiqor. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab oleh pengurus MUI Kota Cimahi dan dijawab MUI Kabupaten Bogor. (MUI Bogor/Azhar)

Total Views: 475 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Oleh: Dr Mujahidin Nur Lc MA, anggota Komisi Infokom MUI dan Direktur Peace Literacy Institute, Jakarta “Penyakit orang-orang ‘muda’ yang baru menapakkan kakinya beberapa...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Allah Swt berfirman dalam Alquran Aqimissholata Lidzikri  yg artinya Dirikanlah salat untuk mengingat kepadaku, dengan kata lain bahwa esensi dari seluruh...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...