Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

MUI Sumut Perkuat Literasi dengan Mengoptimalkan Website, Majalah dan Radio Dakwah

MUISUMUT.com- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara akan lakukan penguatan literasi dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki, seperti website, majalah dan radio. Usaha itu dilakukan guna meningkatkan pemahaman keagamanan dan upaya mengkomunikasikan dinamika yang terjadi dilingkungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi dan MUI Kabupaten dan Kota.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua yang membidangi Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI Sumut Drs. Akmaluddin Syahputra MHum pada pertemuan dengan jajaran Infokom MUI Sumut di Gedung MUI Jalan Sutomo Ujung No.3, Medan. Kata Akamluddin, penguatan literasi ini perlu dan diharapkan dapat dilakukan secara bersama oleh tim Infokom MUI Sumut dan Infokom MUI Kabupaten dan Kota.

Untuk penguatan itu, Infokom MUI Sumut telah melakukan pelatihan terhadap pengelola Infokom daerah dan upaya-upaya penguatan lainnya dilingkungan Infokom MUI Sumut. ” Saya berharap penguatan lilerasi ini dapat dilakukan secara bersama, secara tim, bukan individu sehingga diperoleh hasil yang lebih optimal,” sebutnya.

Pertemuan jajaran Infokom MUI Sumut yang dipimpin Drs. Akmaluddin Syahputra itu dihadiri juga Ketua Komisi Infokom MUI Sumut Dr. Syahrul Nasution, MA, Ali Suman Daulay SAg, Rustam MA, H. Husni AS, Dr. Muflih Rangkuti MA, Ir. Suyato D. Tarigan,  Yogo Pamungkas L. Tobing S.I. Kom dan Syaiful Hadi JL.

DPW MUI Sumut saat ini memiliki sarana penguatan literasi dalam bentuk website yang berisi informasi kegiatan MUI Sumatera Utara (termasuk Kabupaten dan Kota) majalah “Media Ulama” yang terbit berkala dan radio MUI FM yang saat ini sedang proses instalasi perangkat.

Khusus majalah Media Ulama diharapkan dapat menyakikan berbagai ragam informasi melalui tema-tema yang khusus. Seperti, edisi ke-1 tahun 2021, Majalah Media Ulama mengangkat tema utama seputar peran Ulama dalam menghadapi Covid19 dan edisi ke-2 tahun 2021 mengangkat tema seputar Konferensi dan Silaturrahim MUI, TNI, Polri Sumatera Utara dengan laporan khusus ‘Menyelusuri Jejak Islam di Pantai Barat Tapanuli Tengah’. Kini Infokom MUI sedang mempersiapkan edisi ke-3 yang mengangkat laporan khusus Jejak Perkembangan Islam di Mandailing Natal, Madina yang Madani’.

Demikian juga dengan radio MUI yang saat ini sedang dilakukan proses instalasi perangkat yang berlokasi di Gedung MUI Jalan Sutomo Medan. ” Untuk proses instalasi hingga on-air tentu saja butuh persiapan, termasuk pengurusan payung hukumnya,” sebut Akmaluddin.
Spirit literasi yang dibangun Infokom MUI Sumut ini diharapkan dapat mengcover berbagai dinamika yang terjadi di Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara.

Total Views: 1371 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Allah Swt berfirman dalam Alquran Aqimissholata Lidzikri  yg artinya Dirikanlah salat untuk mengingat kepadaku, dengan kata lain bahwa esensi dari seluruh...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Dalam pandangan Imam an Nawawi membantu memudahkan proses urusan pihak lain dibolehkan, dalam kategori memberi maaf (amnesti) atau membantu hajat utama...

MUI PUSAT

Bulukumba, muisulsel.com – Belakangan ini telah marak beredar isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait persoalan Aqidah dan Muamalah. Pada posisi inilah peran ulama sangat...

MUI PUSAT

Makassar, muisulsel.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, KH. Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada...