Connect with us

Hi, what are you looking for?

MUI PUSAT

MUI Sumut Perkuat Literasi dengan Mengoptimalkan Website, Majalah dan Radio Dakwah

MUISUMUT.com- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara akan lakukan penguatan literasi dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki, seperti website, majalah dan radio. Usaha itu dilakukan guna meningkatkan pemahaman keagamanan dan upaya mengkomunikasikan dinamika yang terjadi dilingkungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi dan MUI Kabupaten dan Kota.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua yang membidangi Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI Sumut Drs. Akmaluddin Syahputra MHum pada pertemuan dengan jajaran Infokom MUI Sumut di Gedung MUI Jalan Sutomo Ujung No.3, Medan. Kata Akamluddin, penguatan literasi ini perlu dan diharapkan dapat dilakukan secara bersama oleh tim Infokom MUI Sumut dan Infokom MUI Kabupaten dan Kota.

Untuk penguatan itu, Infokom MUI Sumut telah melakukan pelatihan terhadap pengelola Infokom daerah dan upaya-upaya penguatan lainnya dilingkungan Infokom MUI Sumut. ” Saya berharap penguatan lilerasi ini dapat dilakukan secara bersama, secara tim, bukan individu sehingga diperoleh hasil yang lebih optimal,” sebutnya.

Pertemuan jajaran Infokom MUI Sumut yang dipimpin Drs. Akmaluddin Syahputra itu dihadiri juga Ketua Komisi Infokom MUI Sumut Dr. Syahrul Nasution, MA, Ali Suman Daulay SAg, Rustam MA, H. Husni AS, Dr. Muflih Rangkuti MA, Ir. Suyato D. Tarigan,  Yogo Pamungkas L. Tobing S.I. Kom dan Syaiful Hadi JL.

DPW MUI Sumut saat ini memiliki sarana penguatan literasi dalam bentuk website yang berisi informasi kegiatan MUI Sumatera Utara (termasuk Kabupaten dan Kota) majalah “Media Ulama” yang terbit berkala dan radio MUI FM yang saat ini sedang proses instalasi perangkat.

Khusus majalah Media Ulama diharapkan dapat menyakikan berbagai ragam informasi melalui tema-tema yang khusus. Seperti, edisi ke-1 tahun 2021, Majalah Media Ulama mengangkat tema utama seputar peran Ulama dalam menghadapi Covid19 dan edisi ke-2 tahun 2021 mengangkat tema seputar Konferensi dan Silaturrahim MUI, TNI, Polri Sumatera Utara dengan laporan khusus ‘Menyelusuri Jejak Islam di Pantai Barat Tapanuli Tengah’. Kini Infokom MUI sedang mempersiapkan edisi ke-3 yang mengangkat laporan khusus Jejak Perkembangan Islam di Mandailing Natal, Madina yang Madani’.

Demikian juga dengan radio MUI yang saat ini sedang dilakukan proses instalasi perangkat yang berlokasi di Gedung MUI Jalan Sutomo Medan. ” Untuk proses instalasi hingga on-air tentu saja butuh persiapan, termasuk pengurusan payung hukumnya,” sebut Akmaluddin.
Spirit literasi yang dibangun Infokom MUI Sumut ini diharapkan dapat mengcover berbagai dinamika yang terjadi di Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara.

Total Views: 1770 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

MUI PUSAT

Malang, MUIJatim.or.id Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Alam Al Izzah Krian, Kabupaten Sidoarjo tanggal 27 September 2023 mengunjungi Demplot Usaha Lebah Madu Berbasis Syariah atas...

Berita

JAKARTA, MUI.OR.ID– Beberapa hari ini ramai pemberitaan di media massa soal status kehalalan pewarna Karmin atau yang berasal dari serangga Cochineal untuk dijadikan sebagai...

Berita

Dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW., alias Maulid Nabi, yaitu pada 12 Rabiul Awal, ada banyak amalan yang dapat dilakukan. Misalnya membaca shalawat, berpuasa,...

Berita

Oleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung (الخطبة الأولى) السّلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ...