Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Buya Gusrizal Gazahar Terkenang Ketika Menutup Kantor MUI Sumbar pada Februari 2017

BUYA Gusrizal Gazahar terkenang peristiwa Februari 2017. Ketika itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ini terpaksa menutup sementara kantornya sejak Februari 2017 ini. Hal tersebut dilakukan karena sejak 2015 mereka memang tidak punya anggaran untuk menjalankan roda organisasi umat muslim tertinggi  di Sumbar itu.

“Dengan berat hati saya sampaikan bahwa kantor MUI Sumbar mulai Februari 2017 ditutup untuk sementara,” katanya mengenang peristiwa itu di Sekretariat MUI Sumbar, Senin (2/10/2023).

Selain menutup sementara kantornya, Buya Guzrizal juga menyampaikan bahwa dua orang pegawai administrasinya terpaksa diistirahatkan. “Semoga info ini tidak mengganggu bapak-bapak yang terhormat karena saya tidak tahu apakah keberadaan MUI ini di Sumbar, diperlukan atau tidak?” lanjutnya.

Saat itu juga Pemprov Sumbar langsung menanggapinya. Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit mengakui tidak ada bantuan anggaran untuk MUI setempat. Ini karena terkendala Permendagri No 39 tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011.

“Kita ingin menganggarkan, tetapi tidak bisa melakukannya karena ada aturan yang melarang. Kalau kita paksakan tentu akan menjadi temuan,” katanya seperti dikutip Republika.co.id, Rabu (8/2).

Ia menjelaskan penganggaran baru bisa dilakukan jika Permendagri yang tidak memperkenankan bantuan sosial tersebut direvisi oleh Menteri Dalam Negeri.

Namun, Buya mengakui pintu ditutup bagian depannya saja. Bagian belakang tetap buka. “Awalnya ada anggaran, tetapi kami bukan lembaga yang menghabiskan anggaran dimana diberikan menjelang akhir tahun dan disuruh habiskan bikin SPJ kegiatan lain-lain, ya kami gak mau. Tetapi alhamdulillah sampai sekarang kami tetap hidup walaupun tanpa APBD,” jelasnya. (zas)

Total Views: 3272 ,
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait

Berita

DEMI mengusung keadilan untuk para Hafidz Qur’an di Kota Bekasi. Ketua Olimpiade Penghafal Al-Qur’an mengadakan audiensi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi. Kegiatan...

Berita

KEGIATAN sosialisasi dan doa bersama lintas agama pemilu tahun 2024 diadakan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Bekasi di Hotel Horison Bekasi, Selasa (13/2/2024) siang....

Berita

DALAM rangka menyambutan bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kota Bekasi mengadakan rapat pembahasan Maklumat Ramadhan 1445 H di Ruang Rapat Asda II, Selasa (9/2/2024) pagi....

Berita

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menyelenggarakan rapat harian untuk mempersiapkan rapat kerja (raker) yang diselenggarakan sekitar Rabu-Kamis, 28-29 Februari 2024 atau Rabu-Kamis, 6-7...